Show simple item record

dc.contributor.advisorSembada, Pria
dc.contributor.advisorMawaddah, Siti
dc.contributor.authorSundari
dc.date.accessioned2025-07-04T07:27:48Z
dc.date.available2025-07-04T07:27:48Z
dc.date.issued2025
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/163937
dc.description.abstractPermintaan yang tinggi akan telur menciptakan peluang besar bagi usaha penjualan telur. Analisis usaha penjualan telur di toko Berkah Jaya Pasar Sukatani ini adalah untuk menganalisis usaha penjualan telur dan mengetahui tingkat permintaan konsumen terhadap telur ayam, telur puyuh, dan telur itik, serta mencari kelayakan usaha yang dijalankan dan trategi pemasaran pada Toko Berkah Jaya. Metode analisis yang digunakan yaitu perhitungan biaya tetap, biaya variabel, penerimaan, keuntungan, BEP, ATC, dan analisis Revenue Cost Ratio (R/C) untuk mengetahui kelayakan usaha. Pengadaan telur di Toko Berkah Jaya yaitu langsung dari peternakan. Toko Berkah Jaya melakukan penanganan telur dengan cara melihat kondisi kerabang dari keretakan, kebersihan, dan warna telur. Hasil analisis ini menunjukkan tingkat permintaan konsumen terhadap telur konsumsi tertinggi ada pada telur ayam ras. Biaya yang dikeluarkan selama 4 bulan penjualan telur konsumsi yaitu sebesar Rp960.522.144 dan memperoleh pendapatan sebesar Rp78.399.724 dengan nilai R/C yaitu > 1 yang artinya usaha telur konsumsi di Toko Berkah Jaya layak untuk dijalankan. Kata kunci: analisis usaha, R/C, tingkat permintaan, telur ayam, telur itik, telur puyuh.
dc.description.abstractThe high demand for eggs creates a great opportunity for egg sales businesses. The analysis of the egg sales business at the Berkah Jaya store in Sukatani Market is to analyze the egg sales business and determine the level of consumer demand for chicken eggs, quail eggs, and duck eggs, as well as to find the feasibility of the business being run and the marketing strategy at Toko Berkah Jaya. The analysis method used is the calculation of fixed costs, variable costs, revenue, profit, BEP, ATC, and Revenue Cost Ratio (R/C) analysis to determine business feasibility. Egg procurement at Toko Berkah Jaya is directly from the farm. Toko Berkah Jaya handles eggs by looking at the condition of the shell from cracks, cleanliness, and egg color. The results of this analysis show that the highest level of consumer demand for consumption eggs is in broiler eggs. The costs incurred during the 4 months of selling consumption eggs amounted to Rp60,522,144 and earned a revenue of Rp78,399,724 with an R / C value of> 1, which means that the consumption egg business at Toko Berkah Jaya is feasible to run. Keywords: business analysis, chicken eggs, demand level, duck eggs, R/C, quail eggs
dc.description.sponsorship
dc.language.isoid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleAnalisis Usaha Penjualan Telur di Toko Berkah Jaya Pasar Sukatani Kota Depokid
dc.title.alternativeAnalysis of Egg Sales Business at Toko Berkah Jaya Sukatani Market Depok City
dc.typeTugas Akhir
dc.subject.keywordBusiness Analysisid
dc.subject.keywordR/Cid
dc.subject.keywordChicken Eggsid
dc.subject.keywordduck eggsid
dc.subject.keyworddemand levelid
dc.subject.keywordQuail Eggsid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record