Analisis Korespondensi Untuk Menelaah Trend dan Posisi Pasar ATPM (Merk) dan Berbagai Model Mobil (Correspondence Analysts to Describe Trend and Market Position ATPM and Type of Cars)
Abstract
Kehadiran mobil nasional, bencana alam baj, dan kebijakan uang ketat yang menyebabkan naiknya suku bunga, menjadi nyebab utama menurunnya volume penjualan mobil tahun 1996. Pasar mobil menjadi tidak menentu, sehingga setiap perusahaan berusaha mengetahui bagamana trend dan pangsa pasar merk / model mobilnya dan bila memungkinkan akan melakukan perbaikan-perbaikan untuk memperbaiki posisi pasarnya.
Analisis korespondensi ternyata cukup sederhana untuk memberikan gambaran tentang trend dan posisi pasar merk / model mobil.
Dari volume penjualan Januari 1995 Oktober 1996 didapatkan gambaran bahwa munculnya model-model baru untuk kelompok sedan menengah ke bawah mampu menarik pasar. Hal ini disebabkan munculnya model-model baru tersebut diikuti dengan harga yang semakin terjangkau. Sedangkan untuk kelompok niaga, munculnya model-model baru tidak disertai dengan harga yang semakin terjangkau sehingga kurang mampu menarik pasar
