View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Master Theses
      • MT - Human Ecology
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Master Theses
      • MT - Human Ecology
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Peran Pengasuhan Holistik, Dukungan Sosial, dan Kecerdasan Emosional Anak terhadap Resiliensi Anak Korban Gempa Cianjur

      Thumbnail
      View/Open
      Cover (3.896Mb)
      Fulltext (19.92Mb)
      Lampiran (2.351Mb)
      Date
      2025
      Author
      Famila, Shanina Rosa
      Latifah, Melly
      Simanjuntak, Megawati
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Gempa Cianjur yang terjadi pada November 2022 menimbulkan dampak psikologis baik secara negatif maupun positif dengan anak-anak sebagai salah satu golongan yang rentan terhadap dampak tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang membentuk resiliensi anak korban bencana dengan melihat penerapan pengasuhan holistik, persepsi dukungan sosial serta kecerdasan emosional anak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain explanatory research. Pengambilan data dilakukan pada bulan Januari hingga April 2024 dengan menggunakan kuesioner. Responden penelitian merupakan siswa kelas 4 sampai 6 SD yang tinggal di Desa Cijedil Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji korelasi Spearman dan SEM. Hasil uji hubungan menunjukkan bahwa usia anak berhubungan dengan pengasuhan holistik, pendidikan ayah berhubungan dengan dukungan sosial dan resiliensi, serta pendapatan keluarga berhubungan dengan resiliensi. Terdapat korelasi yang positif signifikan antara pengasuhan holistik, dukungan sosial dan kecerdasan emosional dengan resiliensi anak korban gempa di Cianjur. Sedangkan hasil uji pengaruh menunjukkan bahwa variabel yang paling berpengaruh terhadap resiliensi adalah variabel pengasuhan holistik (ß = 0,41, p < 0,01) diikuti oleh variabel dukungan sosial (ß = 0,30, p < 0,01). Pada uji pengaruh antar variabel, pengaruh yang memiliki signifikansi terbesar adalah pengaruh pengasuhan holistik terhadap kecerdasan emosional anak (ß = 0,48, p < 0,01). Implikasi dari penelitian ini mencakup pengembangan program dukungan bagi orang tua dalam memberikan pengasuhan holistik, seperti pelatihan, seminar, pusat dukungan keluarga, layanan konseling, dan integrasi pembelajaran kecerdasan emosional dalam kurikulum sekolah, serta penguatan infrastruktur pasca-bencana melalui pembangunan ruang bermain yang aman dan fasilitas kesehatan mental untuk memenuhi kebutuhan psikososial anak. Kolaborasi antar-lembaga, termasuk pemerintah, sekolah, lembaga masyarakat, dan organisasi lainnya, serta penguatan jaringan masyarakat melalui pembentukan organisasi lokal dan kelompok dukungan, sangat penting untuk mengimplementasikan kebijakan yang membangun resiliensi anak-anak pasca-bencana di Cianjur dan seluruh Indonesia.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/160910
      Collections
      • MT - Human Ecology [2388]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository