Show simple item record

dc.contributor.advisorNazli, Rizal Sjarief Sjaiful
dc.contributor.advisorYusri, Doni
dc.contributor.authorFajar, Mohammad
dc.date.accessioned2025-01-08T06:36:32Z
dc.date.available2025-01-08T06:36:32Z
dc.date.issued2024
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/160599
dc.description.abstractBank Syariah Indonesia sebagai salah satu bank BUMN memiliki kepentingan untuk keberhasilan program pembiayaan kredit usaha rakyat (KUR) yang dicanangkan pemerintah. Untuk itu BSI meluncurkan program BSI KUR Kecil, BSI KUR Mikro dan BSI KUR Super Mikro yang menyediakan fasilitas pembiayaan yang diperuntukan bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah untuk memenuhi kebutuhan modal kerja dan investasi dengan plafon mulai dari 10 juta rupiah hingga 500 juta rupiah. Tujuan penelitian ini adalah: (1) menganalisis pengaruh literasi keuangan terhadap kinerja bisnis UKM makanan dan minuman (mamin); (2) menganalisis pengaruh inklusi keuangan terhadap kinerja bisnis UKM mamin; (3) menganalisis pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap kinerja bisnis UKM mamin; (4) menganalisis pengaruh kapabilitas pemasaran media sosial terhadap kinerja bisnis UKM mamin; dan (5) merumuskan strategi peningkatan kinerja bisnis UKM mamin. Pengumpulan data dengan metode slovin, dimana jumlah sampel ditetapkan 283 responden. Penelitian dengan metode statistik deskriptif dan inferensial menggunakan analisis regresi linear berganda, yang terdiri dari uji validitas, reliabilitas, uji t, uji F. Perumusan strategi menggunakan analisis lingkungan internal-eksternal dengan matriks IFE dan EFE, pemetaan posisi dan alternatif strategi dengan matriks IE dan SWOT, selanjutnya ditentukan prioritas strategi dengan matriks QSP. Hasil analisis menunjukkan UKM makanan-minuman berada pada kuadran I (tumbuh dan membangun). Berdasarkan hasil analisis kuantitatif pada matriks QSP didapatkan strategi yang dapat diimplementasikan adalah pendampingan dalam penyusunan laporan keuangan pelaku UMKM guna menjaga stabilitas keuangan.
dc.description.sponsorship
dc.language.isoid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleStrategi Peningkatan Kinerja Bisnis Melalui Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan, Orientasi Kewirausahaan, Dan Kapabilitas Pemasaran Media Sosial (Studi Pada UKM Makanan Dan Minuman Nasabah KUR Bank Syariah Indonesia Area Bandung Kota)id
dc.title.alternative
dc.typeTesis
dc.subject.keywordalternatif strategiid
dc.subject.keywordliterasi keuanganid
dc.subject.keywordklaster konsultasiid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record