View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Master Theses
      • MT - Professional Master
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Master Theses
      • MT - Professional Master
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Strategi Peningkatan Kinerja Bisnis Melalui Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan, Orientasi Kewirausahaan, Dan Kapabilitas Pemasaran Media Sosial (Studi Pada UKM Makanan Dan Minuman Nasabah KUR Bank Syariah Indonesia Area Bandung Kota)

      Thumbnail
      View/Open
      Cover (391.3Kb)
      Fulltext (3.642Mb)
      Lampiran (2.141Mb)
      Date
      2024
      Author
      Fajar, Mohammad
      Nazli, Rizal Sjarief Sjaiful
      Yusri, Doni
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Bank Syariah Indonesia sebagai salah satu bank BUMN memiliki kepentingan untuk keberhasilan program pembiayaan kredit usaha rakyat (KUR) yang dicanangkan pemerintah. Untuk itu BSI meluncurkan program BSI KUR Kecil, BSI KUR Mikro dan BSI KUR Super Mikro yang menyediakan fasilitas pembiayaan yang diperuntukan bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah untuk memenuhi kebutuhan modal kerja dan investasi dengan plafon mulai dari 10 juta rupiah hingga 500 juta rupiah. Tujuan penelitian ini adalah: (1) menganalisis pengaruh literasi keuangan terhadap kinerja bisnis UKM makanan dan minuman (mamin); (2) menganalisis pengaruh inklusi keuangan terhadap kinerja bisnis UKM mamin; (3) menganalisis pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap kinerja bisnis UKM mamin; (4) menganalisis pengaruh kapabilitas pemasaran media sosial terhadap kinerja bisnis UKM mamin; dan (5) merumuskan strategi peningkatan kinerja bisnis UKM mamin. Pengumpulan data dengan metode slovin, dimana jumlah sampel ditetapkan 283 responden. Penelitian dengan metode statistik deskriptif dan inferensial menggunakan analisis regresi linear berganda, yang terdiri dari uji validitas, reliabilitas, uji t, uji F. Perumusan strategi menggunakan analisis lingkungan internal-eksternal dengan matriks IFE dan EFE, pemetaan posisi dan alternatif strategi dengan matriks IE dan SWOT, selanjutnya ditentukan prioritas strategi dengan matriks QSP. Hasil analisis menunjukkan UKM makanan-minuman berada pada kuadran I (tumbuh dan membangun). Berdasarkan hasil analisis kuantitatif pada matriks QSP didapatkan strategi yang dapat diimplementasikan adalah pendampingan dalam penyusunan laporan keuangan pelaku UMKM guna menjaga stabilitas keuangan.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/160599
      Collections
      • MT - Professional Master [907]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository