Show simple item record

dc.contributor.advisorRamdani, Guruh
dc.contributor.authorPutri, Tasya Ersa
dc.date.accessioned2024-08-22T02:15:30Z
dc.date.available2024-08-22T02:15:30Z
dc.date.issued2024
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/158173
dc.description.abstractTASYA ERSA PUTRI. Representasi Karakteristik Ibu dalam Iklan Tupperware Edisi Hari Ibu Tahun 2017. Dibimbing oleh GURUH RAMDANI. Iklan adalah pesan atau promosi yang disampaikan kepada khalayak untuk tujuan memperkenalkan, mempromosikan, atau menjual produk, layanan, atau gagasan tertentu. Penelitian ini menganalisis representasi karakteristik seorang ibu dalam iklan Tupperware edisi Hari Ibu dan ideologi di baliknya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif menggunakan analisis pisau bedah semiotika sintagmatik dan paradigmatik Ferdinand De Saussure berlanjut konotasi Roland Barthes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama iklan ini merepresentasikan karakteristik seorang ibu dimasa lalu dan masa depan. Karakteristik ibu pada iklan ini di representasikan sebagai ibu yang kuat, sabar, tanggung jawab dan bijaksana. Ideologi yang terdapat pada iklan Tupperware ditampilkan di dalam iklan ini adalah pada saat anak perempuan memberi ibunya kue yang terbuat dari plastik. Hadiah Tupperware dianggap sebagai cara yang baik menunjukkan cinta dan penghargaan pada ibu.
dc.description.abstractTASYA ERSA PUTRI. Representation of Mother’s Characteristics in the 2017 Mother’s Day Edition Tupperware Advertisement. Supervised by GURUH RAMDANI. Advertising is a message or promotion delivered to an audience for the purpose of introducing, promoting, or selling certain products, services, or ideas. This research analyzes the representation of a mother's characteristics in Tupperware's Mother's Day advertisements and the ideology behind them. The method used in this research is a qualitative descriptive method using Ferdinand De Saussure's syntagmatic and paradigmatic semiotic scalpel analysis, continuing with Roland Barthes' connotations. The research results show that, firstly, this advertisement represents the characteristics of a mother in the past and future. The characteristics of mothers in this advertisement are represented as mothers who are strong, patient, responsible and wise. The ideology contained in the Tupperware advertisement is shown in this advertisement when a girl gives her mother a cake made of plastic. Tupperware gifts are considered a good way to show love and appreciation to mother.
dc.description.sponsorship
dc.language.isoid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleRepresentasi Karakteristik Ibu dalam Iklan Tupperware Edisi Hari Ibu Tahun 2017id
dc.title.alternativeRepresentation of Mother Characteristics in Tupperware Advertisement for Mother's Day 2017 Edition
dc.typeTugas Akhir
dc.subject.keywordmotherid
dc.subject.keywordadvertisingid
dc.subject.keywordideologyid
dc.subject.keywordrepresentationid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record