Show simple item record

dc.contributor.advisorMunandar, Jono Mintarto
dc.contributor.advisorSarma, Ma'mun
dc.contributor.authorAdiwiguna, Reza Hadim
dc.date.accessioned2024-08-11T13:12:43Z
dc.date.available2024-08-11T13:12:43Z
dc.date.issued2024
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/157122
dc.description.abstractMadrasah Tsanawiyah adalah salah satu institusi pendidikan yang melaksanakan fungsi Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003. Kementerian Agama Republik Indonesia mengawasi dan mengembangkan Madrasah Tsanawiyah, yang merupakan sekolah menengah pertama yang berbasis Islam. Madrasah, sebagai institusi pendidikan berbasis Islam, memiliki peran penting dalam membangun karakter siswa karena orang tua berharap anak-anak mereka memiliki pengetahuan umum, kepribadian, dan komitmen agama yang kuat. Peningkatan kualitas dan perbaikan pendidikan selalu berubah dan berkembang. Lembaga pendidikan di era modern harus memiliki daya saing tersendiri untuk menarik dan menarik orang tua siswa. Semua institusi pendidikan memiliki tanggung jawab yang sama untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui penyediaan pendidikan. Orang tua siswa lebih tertarik untuk memilih suatu sekolah berdasarkan kualitas pendidikannya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh status sosial ekonomi, atribut pribadi, lingkungan dan fasilitas, kelompok referensi dan faktor akademik terhadap keputusan orang tua siswa dalam memilih sekolah MTs Al Arifin Rahuning serta menyusun strategi untuk meningkatkan minat orang tua siswa dalam memilih sekolah MTs Al-Arifin Rahuning. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh orang tua siswa yang bersekolah di MTs Al-Arifin Rahuning. Jumlah siswa yang bersekolah di MTs Al-Arifin Rahuning adalah 101 siswa. Data diolah dan dianalisis menggunakan Metode Structural Equation Model (SEM), Strength Weakness Opportunities Threats (SWOT) dan Analytic Hierarchy Process (AHP). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara signifikan dan positif antara status sosial ekonomi, atribut pribadi, lingkungan dan fasilitas serta faktor akademik terhadap keputusan orang tua siswa dalam memilih sekolah MTs Al Arifin Rahuning. Di sisi lain, hasil penelitian menunjukan bahwa kelompok referensi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan orang tua siswa memilih sekolah MTs Al Arifin Rahuning. Analisis faktor internal dan eksternal yang dilakukan dalam kaitannya dengan meningkatkan minat orang tua siswa dalam memilih sekolah MTs Al Arifin Rahuning memperoleh skor IFE dalam kategori kuat (3,00) dan skor EFE dalam kategori sedang (2,62). Hal ini memposisikan strategi yang perlu diterapkan dalam matriks IE berada pada sel IV atau strategi Grow and Build. Strategi SWOT menghasilkan empat strategi yang digunakan untuk analisis lanjutan dengan AHP. Hasil analisis prioritas yang didapatkan dari analisis AHP menunjukkan bahwa prioritas utama faktor adalah atribut pribadi, selanjutnya prioritas utama tujuan adalah meningkatkan citra sekolah, serta prioritas dalam alternatif strategi adalah melaksanakan pelatihan mengajar dan komputerisasi.
dc.description.sponsorship-
dc.language.isoid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleFaktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Memilih Sekolah Mts Al-Arifin Rahuning Kabupaten Asahan Provinsi Sumatera Utaraid
dc.title.alternativeFactors Affecting Consumer Behavior in Choosing MTs Al-Arifin Rahuning in Asahan District of North Sumatra Province
dc.typeTesis
dc.subject.keywordDecisionsid
dc.subject.keywordInterestid
dc.subject.keywordSchoolsid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record