Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Memilih Sekolah Mts Al-Arifin Rahuning Kabupaten Asahan Provinsi Sumatera Utara
Date
2024Author
Adiwiguna, Reza Hadim
Munandar, Jono Mintarto
Sarma, Ma'mun
Metadata
Show full item recordAbstract
Madrasah Tsanawiyah adalah salah satu institusi pendidikan yang
melaksanakan fungsi Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003. Kementerian Agama
Republik Indonesia mengawasi dan mengembangkan Madrasah Tsanawiyah, yang
merupakan sekolah menengah pertama yang berbasis Islam. Madrasah, sebagai
institusi pendidikan berbasis Islam, memiliki peran penting dalam membangun
karakter siswa karena orang tua berharap anak-anak mereka memiliki pengetahuan
umum, kepribadian, dan komitmen agama yang kuat. Peningkatan kualitas dan
perbaikan pendidikan selalu berubah dan berkembang. Lembaga pendidikan di era
modern harus memiliki daya saing tersendiri untuk menarik dan menarik orang tua
siswa. Semua institusi pendidikan memiliki tanggung jawab yang sama untuk
meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui penyediaan pendidikan.
Orang tua siswa lebih tertarik untuk memilih suatu sekolah berdasarkan kualitas
pendidikannya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh status sosial
ekonomi, atribut pribadi, lingkungan dan fasilitas, kelompok referensi dan faktor
akademik terhadap keputusan orang tua siswa dalam memilih sekolah MTs Al Arifin Rahuning serta menyusun strategi untuk meningkatkan minat orang tua
siswa dalam memilih sekolah MTs Al-Arifin Rahuning. Sampel pada penelitian ini
adalah seluruh orang tua siswa yang bersekolah di MTs Al-Arifin Rahuning.
Jumlah siswa yang bersekolah di MTs Al-Arifin Rahuning adalah 101 siswa. Data
diolah dan dianalisis menggunakan Metode Structural Equation Model (SEM),
Strength Weakness Opportunities Threats (SWOT) dan Analytic Hierarchy Process
(AHP).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara signifikan
dan positif antara status sosial ekonomi, atribut pribadi, lingkungan dan fasilitas
serta faktor akademik terhadap keputusan orang tua siswa dalam memilih sekolah
MTs Al Arifin Rahuning. Di sisi lain, hasil penelitian menunjukan bahwa kelompok
referensi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan orang tua siswa
memilih sekolah MTs Al Arifin Rahuning. Analisis faktor internal dan eksternal
yang dilakukan dalam kaitannya dengan meningkatkan minat orang tua siswa
dalam memilih sekolah MTs Al Arifin Rahuning memperoleh skor IFE dalam
kategori kuat (3,00) dan skor EFE dalam kategori sedang (2,62). Hal ini
memposisikan strategi yang perlu diterapkan dalam matriks IE berada pada sel IV
atau strategi Grow and Build. Strategi SWOT menghasilkan empat strategi yang
digunakan untuk analisis lanjutan dengan AHP. Hasil analisis prioritas yang
didapatkan dari analisis AHP menunjukkan bahwa prioritas utama faktor adalah
atribut pribadi, selanjutnya prioritas utama tujuan adalah meningkatkan citra
sekolah, serta prioritas dalam alternatif strategi adalah melaksanakan pelatihan
mengajar dan komputerisasi.
Collections
- MT - Economic and Management [3182]
