Analisis Kepuasan Konsumen terhadap Pembelian Sayuran Hidroponik Kebun Akinini pada Toserba Yogya Cianjur
Abstract
Kebun Akinini merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang
hortikultura sayuran hidroponik di Kabupaten Cianjur dan berdiri sejak tahun 2017.
Kebun Akinini mendistribusikan produk sayuran hidroponik pada Toserba Yogya
Cianjur, namun setiap bulannya mengalami pengembalian produk yang tidak
terserap oleh pasar. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi karakteristik
konsumen, menganalisis tingkat kepuasan konsumen, serta untuk melihat sejauh
mana perkembangan penurunan angka pengembalian sayuran hidroponik Kebun
Akinini pada Toserba Yogya Cianjur setelah dilakukan implementasi mengenai
perbaikan kinerja atribut. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif,
Customer Satisfaction Index (CSI), dan Importance Performance Analysis (IPA)
dengan melibatkan 50 responden. Hasil CSI menunjukan Kebun Akinini pada
Toserba Yogya Cianjur adalah 81,05 persen. Adapun hasil analisis IPA
menunjukkan atribut prioritas yang perlu diperbaiki oleh Kebun Akinini, yaitu
kebersihan sayuran yang dijual, kesegaran sayuran hidroponik yang dijual, fasilitas
potongan harga untuk konsumen, ketersediaan katalog produk, dan ketersediaan
informasi mengenai produk di media sosial. Kebun Akinini is a company operating in the hydroponic vegetable
horticulture sector in Cianjur Regency, established in 2017. Kebun Akinini
distributes its hydroponic vegetable products to Toserba Yogya Cianjur, but
experiences monthly returns of unsold products. This research aims to identify
consumer characteristics, analyze consumer satisfaction levels, and assess the
extent of the decline in the return rate of Kebun Akinini's hydroponic vegetables at
Toserba Yogya Cianjur following the implementation of performance
improvements. The study employs descriptive analysis methods, the Customer
Satisfaction Index (CSI), and Importance Performance Analysis (IPA) involving 50
respondents. The CSI results indicate that Kebun Akinini at Toserba Yogya Cianjur
has a satisfaction level of 81,05 percent. The IPA results highlight priority attributes
that Kebun Akinini needs to improve, including the cleanliness of the vegetables
sold, the freshness of the hydroponic vegetables, discount facilities for consumers,
the availability of product catalogs, and the availability of product information on
social media.