Analisis sistem pemasaran serta pendapatan usahatani salak bali dan salak gula pasir dari daerah sentra produksi
View/ Open
Date
1999Author
Ramakrishna, I Made Mahendera
Wagiono, Yayah K
Metadata
Show full item recordAbstract
Salak merupakan salah satu komoditas pertanian yang potensial dan juga memiliki prospek yang sangat baik untuk dikembangkan di masa mendatang. Di samping itu, salak juga merupakan salah satu komoditi non migas yang dapat bersaing atau menekan penguasaan buah-buahan impor di dalam negeri. Untuk itu diperlukan usaha untuk memantapkan daerah sentra produksi yang telah ada pada saat ini, serta menumbuhkan daerah sentra produksi baru yang memiliki lahan potensial untuk pengembangan kuantitas dan kualitas buah salak.
Adapun tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk memberikan informasi tentang perbandingan keadaan usahatani dari beberapa varietas unggul buah salak di Bali, sehingga pihak yang berkepentingan dapat mengambil langkah-langkah yang tepat untuk mengembangkan usahatani buah salak ini. Tujuan penelitian yang lainnya menganalisis efisiensi dari sistem pemasaran buah salak di Bali.
Berdasarkan data yang diperoleh, pendapatan total usahatani untuk salak Bali dan salak Gula Pasir dengan penggunaan lahan seluas satu hektar ...