Kajian kinerja individu dan tim pada organisasi perusahaan dan non perusahaan yang telah diberikan pelatihan alam terbuka (outbound training) oleh PT Gibraltar Jelajah Alam Semesta : Studi kasus TPK Koja, SMP Islam Al Azhar 2 dan BoB DD Republika
Abstract
Usaha penting di bidang teknik pendekatan yang mengutamakan segi manusia telah dilakukan secara terus-menerus di berbagai organisasi atau perusahaan di berbagai negara. Humanity Management atau melihat hubungan antar manusia yang berada dalam suatu organisasi memiliki peran sangat besar dalam pergerakan organisasi/perusahaan sehingga perubahan-perubahan dapat dilakukan ke arah yang lebih baik pada organisasi tersebut. Pelaku organisasi atau manusia memiliki perbedaan-perbedaan yang jika dikelola dengan baik, akan dapat memunculkan ide- ide kreatif dan kekompakan akan menghasilkan karya yang besar. Usaha untuk menjawab bagaimana aspek-aspek manusiawi dapat diorganisir
dengan pendekatan-pendekatan manusiawi dengan ilmu psikologi sebagai alatnya dapat dilakukan. Pendekatan-pendekatan yang menjadi salah satu alat psikologi manusia adalah dengan diadakannya pelatihan. Dasar penelitian ini adalah pengorganisasian kepentingan individu dan kelompok yang dilatih dan dikembangkan melalui outbound training. Atas dasar itu dirumuskan permasalahan penelitian sebagai berikut (1) Sistem manajemen, apakah yang digunakan oleh organisasi yang telah melakukan outbound training? (2) Bagaimana pola perilaku manusia yang ditunjukkan oleh individu dan tim yang telah memperoleh outbound training? (3) Bagaimana kinerja individu dan tim di yang telah memperoleh outbound training. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui sistem manajemen yang digunakan oleh organisasi perusahaan dan non perusahaan yang telah memperoleh outbound training. (2) Mengetahui suatu pola perilaku manusia baik secara individu dan kelompok dalam meningkatkan suatu mutu kehidupan kerja (quality of work life-QWL). (3) Mengetahui kinerja individu dan tim pada organisasi perusahaan dan non perusahaan yang telah mengikuti outbound training.
Penelitian ini didasarkan pada hubungan perusahaan yang menjadi pelaksana outbound training dan perusahaan kliennya. Perusahaan yang melaksanakan outbound training adalah PT.Gibraltar Jelajah Alam. Dari perusahaan tersebut didapat nama-nama perusahaan yang telah melakukan outbound training.
Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan metode-metode penghitungan dalam analisis statistik untuk data-data kuantitatif dan analisis berdasarkan teori-teori yang telah ada seperti QWL (Quality of Work Life) / Mutu Kehidupan Kerja, Teori Likert, EQ-Map, dan Kualitatif Deskriptif. Faktor perubah organisasi didasarkan atas identifikasi Kossen dalam pengendalian perubahan. Faktor-faktor perubah (direction of change) akan dibahas dengan penggabungan teori likert, QWL, dan EQ-Map…dst