Analisis strategi pemasaran susu bubuk (Produk baru)
Abstract
Peranan IPS adalah menyediakan produk susu olahan yang mengandung gizi dan vitamin yang dibutuhkan manusia, serta sesuai dengan selera konsumen susu olahan yang semakin beragam. Produk yang diproduksi oleh IPS terdiri dari jenis, ragam, mutu serta formula susu olahan yang semakin beragam. Situasi ini mengakibatkan kondisi pasar susu olahan semakin kompetitif. Sebagian besar perusahaan IPS belum memanfaatkan kapasitas produksinya dengan maksimal, terutama disebabkan mahalnya harga bahan baku susu dalam negeri, akibatnya tingkat produksi yang diraih juga masih rendah.
Dilihat dari aspek konsumsi, tingkat konsumsi susu di Indonesia masih tergolong rendah, yaitu sebesar 4,89 kg per kapita per tahun pada tahun 1992, sedangkan target norma gizi adalah sebesar 5,6 kg per kapita per tahun. Rendahnya tingkat konsumsi susu terutama disebabkan harga susu yang relatif mahal serta kurang membudayanya kebiasaan minum susu bagi sebagian besar penduduk Indonesia. Adanya upaya pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan dan kesadaran masyarakat akan perlunya gizi yang baik dan seimbang, melalui peningkatan pendidikan, pendapatan serta pertumbuhan ekonomi yang semakin baik, dapat memperbaiki dan meningkatkan nilai gizi penduduk Indonesia keseluruhan. ...