Show simple item record

dc.contributor.advisorDarusman, Dudung
dc.contributor.advisorHendaris, Dadang
dc.contributor.authorNurfatriani, Fitri
dc.date.accessioned2024-05-28T06:28:16Z
dc.date.available2024-05-28T06:28:16Z
dc.date.issued1998
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/152005
dc.description.abstractDi dunia perdagangan dikenal dua macam minyak atsiri yang berasal dari kenanga (Canangium odoratum), yang pertama adalah minyak kenanga dari bunga Canangium odoratum forma macrophylla, dan yang kedua adalah minyak ylang-ylang yang berasal dari bunga Canangium odoratum forma genuina (Mauludi, 1991). Menurut Rowan (1950) dalam Hobir et al., (1990), minyak kenanga merupakan satu komoditas ekspor yang telah lama dikenal di pasaran dunia. Ekspor minyak kenanga dari Indonesia telah dimulai sejak awal tahun 1900. Rusli et al., (1985) menyatakan bahwa minyak ylang-ylang banyak digunakan untuk bahan baku industri wangi-wangian (kosmetik, parfum, sabun dll). Minyak ylang-ylang mempunyai aroma lebih halus dan lebih wangi dibandingkan dengan minyak kenanga karena memiliki kandungan bilangan ester yang lebih tinggi dari minyak kenanga. Oleh sebab itu minyak ini sangat disukai di pasaran dunia dan harganya jauh lebih tinggi dari minyak kenanga. Dengan memperhatikan kebutuhan dunia akan minyak kenanga saat ini yang berkisar antara 120-130 ton/tahun (Marketing Essential Oils, ITC, 1986-Statistik Perkebunan Indonesia, 1989), sedangkan kemampuan pasok dari Indonesia baru berkisar antara 40-50 ton (sekitar 40%-50%), maka peluang pengusahaan minyak kenanga untuk dapat memenuhi seluruh kebutuhan dunia (>50%) masih terbuka. Dengan mengingat bahwa minyak ylang-ylang adalah jenis minyak atsiri kelas tinggi dari minyak kenanga, keduanya akan memiliki segmen pasar masing-masing sehingga peluang pasar untuk minyak ylang-ylang cukup besar. Hal ini akan lebih memacu berbagai pihak untuk mengembangkan usaha tersebut, baik itu petani, perkebunan besar atau dalam hal ini Perum Perhutani yang memiliki lahan terluas di pulau Jawa, modal yang kuat, manajemen yang mampu dan tenaga ahli yang mencukupiid
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcForest managementid
dc.titleAnalisis investasi pada pengusahaan Ylang-Ylang (canangium odoratum forma genuina) di KPH Banten Perum Perhutani UNIT III, Jawa Baratid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordForest administrationid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record