Show simple item record

dc.contributor.advisorSarma, Ma'mun
dc.contributor.authorHandono, Tomi
dc.date.accessioned2024-05-20T00:53:55Z
dc.date.available2024-05-20T00:53:55Z
dc.date.issued2001
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/150487
dc.description.abstractTomat merupakan komoditas hortikultura yang diperlukan untuk konsumsi setiap hari. Tingkat produksi tomat untuk masyarakat Indonesia masih sangat tinggi vaitu data pada tahun 1999 mencapai 562.406 Ton. Sayuran tomat masih menjadi kebutuhan pelengkap dalam masakan karena pada tomat terkandung vitamin yang berguna bagi tubuh. Produksi dan pemasaran tomat semakin penting untuk menghasilkan sayuran yang sesuai dengan permintaan pelanggan. Perusahaan- perusahaan berusaha agar dapat menghasilkan tomat yang berkualitas terbaik dengan cara memahami kondisi internal perusahaan dan kondisi eksternal yang dihadapi. Selain itu perusahaan mulai menerapkan bauran pemasaran yang efektif._ Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang akan mempengaruhi strategi pemasaran serta mengetahui preferensi pelanggan terhadap pelaksanaan bauran pemasaran perusahaan. Ruang lingkup penelitian dibatasi pada aspek formulasi strategi dan bauran pemasaran. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi alternatif strategi pemasaran bagi perusahaan untuk dapat memperkuat posisi bersaing dalam industri. Penelitian dilakukan di PT. Prima Tani, Sukabumi, Jawa Barat, di mana tomat merupakan salah satu produk unggulan bagi perusahaan tersebut dan perusahaan tomat yang baru berbentuk badan hukum ini akan terus berkembang. Pengambilan data berasal dari data primer dengan wawancara pihak perusahaan dan penyebaran kuesioner kepada pengecer hingga konsumen akhir. Data sekunder diperoleh dengan mengamati data-data dari perusahaan dan instansi yang terkait. Dalam menganalisis data dipakai pendekatan manajeman strategis dan manajemen pemasaran. Pengolahan data secara kualitatif dan kuantitatif kemudian disajikan dalam bentuk tabulasi, bagan dan uraian. Analisis faktor internal memberikan gambaran umum mengenai kekuatan dan kelemahan internal perusahaan. Faktor-faktor yang menjadi kekuatan bagi PT. Prima Tani antara lain: perusahaan menjalin kerjasama dengan petani tomat, untuk memproduksi komoditas tomat ini perusahaan didukung oleh tenaga ahli, semangat karyawan tetap tinggi, dukungan dana internal dan mempunyai pasar yang jelas. Beberapa faktor yang menjadi kelemahan pada perusahaan yaitu pengembangan sumberdaya manusia yang masih kurang, sistem pencatatan akuntansi masih sederhana, fasilitas penyimpanan belum memadai dan ukuran buah kurang seragam. Analisis faktor eksternal perusahaan memberikan gambaran umum mengenai peluang dan ancman yang dihadapi oleh perusahaan. Faktor-faktor yang menjadi peluang dalam industri tomat antara lain: pasar tomat masih terbuka luas, peningkatan jumlah penduduk yang mengakibatkan meningkatnya pemintaan konsumsi sayuran, dukungan dari pemerintah untuk kemudahan agribisnis tomat, tomat dapat dikonsumsi oleh hampir seluruh golongan masyarakat, dan tidak ada produsen tomat sebagai pendatang baru selama tahun 2000 yang berasal dari Sukabumi. Sedangkan untuk faktor-faktor yang menjadi ancaman perusahaan yaitu biaya penggunaan teknologi canggih yang cukup tinggi, pelanggan bebas untuk memilih penjual tomat, pembeli tomat tidak terikat dengan perusahaan dan industri tomat menarik untuk dimasuki…dstid
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcAgricultural economicsid
dc.subject.ddcMarketingid
dc.titleAnalisis strategi pemasaran tomat PT. Prima Tani, Sukabumi, Jawa Baratid
dc.typeUndergraduate Thesisid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record