Studi tentang desain dan konstruksi kapal cantrang di Labuan
View/ Open
Date
1995Author
Mardiyono, Agus
Pasaribu, Bonar P.
Imron, Mohammad
Metadata
Show full item recordAbstract
Di Labuan, terdapat tempat pembuatan kapal ikan kayu cantrang yang
pengerjaannya masih tradisional. Penelitian terhadap desain dan konstruksi kapal cantrang di Labuan dilakukan untuk memperoleh gambaran dan cara pembangunannya.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mempelajari cara dan urutan pembuatan kapal cantrang, (2) mempelajari desain dan konstruksi kapal cantrang dan (3) memberikan masukan untuk alternatif pengembangan dari kapal yang diteliti.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif-komparatif. Setelah diperoleh gambaran tentang desain dan konstruksinya kemudian dilakukan pembandingan dengan standar beberapa pustaka dan Biro Klasifikasi Indonesia (BKI).
Hasil Perhitungan menunjukkan bahwa kapal cantrang di Labuan mempunyai nilai L/B (3,81) lebih kecil dari nilai patokan (4,29), L/D (12,05) dan B/D (3,16) lebih besar dari nilai patokan, yaitu L/D 10,89 dan B/D 2,54. Nilai coefficient of finenes kapal yang diteliti adalah 0,51 (Cb), 0,78 (Cw), 0,65 (Cvp), 0,92 (CO) dan 0,55 (Cp). Bentuk badan kapal V bottom (bagian haluan), U dasar rata (bagian midship dan bagian buritan). Nilai KG/D = 0,97, dimana nilai ini masih lebih besar dari patokan (0,770,90). Nilai GM = 0,55 sesuai dengan nilai patokan (0,35 0,66). Tenaga penggerak kapal menggunakan mesin utama 18 HP yang menghasil- kan kecepatan sekitar 5,14 knot. Penambahan gearbox pada mesin akan menambah kemampuan tarik sebesar ± 27%. Mesin tambahan 10,5 HP digunakan sebagai penarik tali cantrang. Daya mesin bantu penangkapan terlalu besar sehingga pada saat operasi penangkapan ikan, mesin bekerja tidak maksimal. ...