Faktor-faktor yang Memengaruhi Tingkat Literasi Perbankan Syariah pada Pelaku Usaha Mikro di Kota Bogor
Abstract
Pangsa pasar perbankan syariah pada tahun 2014 baru mencapai angka
4.9%. Hal ini salah satunya disebabkan rendahnya tingkat literasi masyarakat
terhadap perbankan syariah. Tujuan dari penelitian ini menganalisis faktor –
faktor yang memengaruhi tingkat literasi perbankan syariah pada pelaku usaha
mikro di Kota Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah OLS.
Penelitian ini dilakukan pada Februari–Mei 2015 di dua pasar terbesar di Kota
Bogor yaitu Pasar Anyar Kebon Kembang dan Pasar Bogor. Analisis tingkat
literasi perbankan syariah pada pelaku usaha mikro diukur dari proporsi nilai atas
tingkat pengetahuan dan keyakinan terhadap lembaga perbankan syariah, serta
memiliki keterampilan dalam menggunakan produk dan jasa bank syariah. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa tingkat literasi perbankan syariah pelaku usaha
mikro masih rendah dan faktor–faktor yang memengaruhi tingkat literasi
perbankan syariah pada pelaku usaha mikro di Kota Bogor adalah lama
pendidikan, laba usaha dan dummy intensitas sosialisasi dan edukasi oleh bank
syariah.