Analisis daya saing ekspor kakao Indonesia tahun 2005-2009
Abstract
Kakao merupakan salah satu komoditas perkebunan yang mempunyai
peranan penting dalam perekonomian Indonesia. Hingga saat ini perkembangan
ekspor kakao Indonesia masih didominasi oleh produk primer yaitu dalam bentuk
biji kakao. Indonesia adalah produsen ketiga komoditas kakao dunia setelah
Pantai Gading dan Ghana. Meskipun sebagai produsen ketiga dunia namun
Indonesia belum mampu memasuki pasar Eropa secara maksimal, sehingga tujuan
utama ekspor kakao masih terbatas di wilayah Amerika Serikat dan wilayah Asia.
Dari data lima tahun terakhir (2005 – 2009) ekspor kakao Indonesia ke lima
negara pengimpor utama mengalami fluktuasi dan belum maksimal sehingga
perlu di analisis daya saing permintaan ekspor kakao tersebut.
Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Revealed
Comparative Advantage (RCA), Indeks Konsentrasi Pasar (IKP), dan Constant
Market Share Analysis (CMSA). Tujuan dari penelitian ini adalah
mendeskripsikan perkembangan ekspor kakao Indonesia periode 2005 - 2009,
menganalisis keunggulan komparatif komoditi kakao Indonesia,
Mengindentifikasi konsentrasi negara tujuan ekspor dan menganalisis keunggulan
kompettif kakao Indonesia.