Analisis Gerombol untuk Pemetaan Pemenuhan Standar Pelayanan Minimal Pendidikan Dasar Tingkat Kabupaten/Kota
View/ Open
Date
2015Author
Amanah, Nanda Karunia
Susetyo, Budi
Angraini, Yenni
Metadata
Show full item recordAbstract
Standar Pelayanan Minimal Pendidikan dasar (SPM Dikdas) merupakan alat pemerintah untuk menjamin akses dan mutu bagi masyarakat untuk mendapatkan pelayanan pendidikan dasar dengan ukuran standar yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat. Penelitian ini dilaksanakan untuk melihat pemetaan karakteristik pemenuhan SPM Dikdas di 110 kabupaten/kota di 16 provinsi dengan menggunakan analisis gerombol dengan metode Ward dan jarak euclideanan. Hasil penggerombolan baik pada jenjang SD/MI maupun SMP/MTs secara keseluruhan sama-sama menghasilkan 3 gerombol. Gerombol 1 pada jenjang SD/MI memiliki nilai pemenuhan 100% untuk IP 13. Gerombol 2 memiliki pemenuhan tertinggi sebesar 98.99% untuk IP 5.1. Gerombol 3 pada jenjang ini menunjukkan karakteristik berbeda dengan nilai pemenuhan sangat rendah yaitu 0% untuk IP 13. Gerombol 1 pada jenjang SMP/MTs memiliki nilai pemenuhan terbaik sebesar 99.2% untuk IP 13. Gerombol 2 juga memiliki nilai pemenuhan terbaik sebesar 93.75 untuk IP 13. Gerombol 3 pada jenjang ini memilki karakteristik berbeda dengan pemenuhan IP 13 hanya berada pada skala nilai 3.33%...