Analisis proses keputusan pembelian mi instan dan identifikasi atribut produk yang di inginkan konsumen
Abstract
Dalam GBHN dinyatakan bahwa salah satu tujuan pembangunan pertanian adalah memantapkan swasembada pangan. Kebijaksanaan yang ditempuh pemerintah dalam rangka pencapaian swasembada pangan dilaksanakan melalui program diversifikasi pangan. Program ini merupakan salah satu langkah strategis untuk memperbaiki kualitas dan kuantitas pangan yang dikonsumsi penduduk Indonesia. Mi instan adalah salah satu alternatif pangan selain nasi di Indonesia. Mi instan dapat diterima oleh seluruh masyarakat disebabkan karena produsen membangun persepsi konsumen bahwa produk ini menawarkan kepraktisan dan identik dengan kultur masyarakat modern. Oleh karena itu perlu bagi pemasar untuk mempelajari perilaku konsumen.
Tujuan penelitian adalah memahami perilaku konsumen mi instan dan mengidentifikasi atribut produk yang diinginkan konsumen serta implikasi pada strategi pemasaran. Selain itu mengidentifikasi atribut-atribut produk yang diinginkan konsumen.
Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus di beberapa lokasi perumahan di Kotamadya Bogor. Pemilihan responden dilakukan secara Multi Stage Random Sampling. Responden terpilih mewakili kelas atas, menengah dan bawah. Konsumen mi instan adalah responden yang biasa mengkonsumsi dan membeli mi instan ditempat-tempat penjualan…dst