Analisis pengaruh biaya promosi terhadap penjualan : Studi kasus PT Lintas Jeram Nusantara
Abstract
Sektor pariwisata menjadi salah satu sektor andalan pada PJP II. PT Lintas Jeram Nusantara salah satu perusahaan yang bergerak di bidang pariwisata arung jeram dengan nama "Arus Liar". Arung jeram belum populer dan dianggap berbahaya, sehingga peranan promosi sangat penting dalam pemasarannya.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mempelajari cara perusahaan memanfaatkan promosi, (2) mengetahui pengaruh besarnya biaya promosi terhadap penjualan dan (3) mengetahui efektifitas promosi untuk meningkatakan penjualan. Analisis kualitatif dilakukan untuk mengetahui kegiatan promosi dan efektifitasnya, analisis kuantitatif dengan distributed lags model dilakukan untuk mengetahui pengaruh biaya promosi terhadap penjualan.
Kegiatan promosi dimulai pada bulan Oktober 1995, berupa publikasi dan advertorial di media massa, penyebaran brosur, presentasi, entertainment, undangan, iklan dan kerja sama. Perusahaan menyusun anggaran promosi menurut kemampuannya, sehingga sangat berfluktuasi dan sulit membuat rencana pengembangan pasar jangka panjang. Bulan Januari 1996 biaya promosi meningkat hampir 13 kali dan Bulan September 1996 meningkat lebih dari 18 kali dari bulan sebelumnya. Pada Bulan Desember 1995 biaya promosi turun lebih dari 91 persen dan pada Bulan Juni turun hampir 96 persen dari bulan sebelumnya....