Show simple item record

dc.contributor.advisorPurwono, Joko
dc.contributor.authorPasaribu, Christian Hamonangan
dc.date.accessioned2024-04-01T03:16:38Z
dc.date.available2024-04-01T03:16:38Z
dc.date.issued2002
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/144432
dc.description.abstractIndonesia sebagai negara agraris dengan penduduk lebih dari 220 juta jiwa berpotensi besar dalam menghasilkan produk pertanian dan jasa yang sangat diperlukan bagi kehidupan manusia. Pembangunan sub sektor peternakan khususnya pengembangan industri peternakan terus meningkat, hal ini disebabkan karena perkembangan kebutuhan daging ayam di Indonesia. Kenaikan permintaan daging ayam ras menyebabkan peningkatan populasi ayam yang selanjutnya berdampak terhadap kenaikan permintaan pakan ayam ras. Berdasarkan hal tersebut, permasalahan-permasalahan tentang produksi dan pemasaran pakan ternak ayam menjadi strategis dan sangat penting. Tujuan penelitian ini adalah mempelajari faktor- faktor yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dalam pemasaran produk pakan ternak ayam PT. Charoen Pokphand Indonesia, Tbk. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei Juni 2001 berdasarkan studi kasus di PT. Charoen Pokphand Indonesia. Perusahaan ini dipilih secara sengaja dengan alasan perusahaan memiliki kapasitas produksi pabrik pakan ternak ayam tertinggi di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus yang bertujuan untuk memperoleh gambaran yang mendalam dan lengkap dari suatu subyek yang diteliti. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, studi pustaka dan pengamatan lapangan. Metode pengolahan data dan analisis data yang digunakan adalah pendekatan konsep manajemen strategi. Data yang diperoleh dianalisis dan diolah secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui faktor-faktor yang menjadi peluang perusahaan adalah jumlah penduduk yang terus meningkat dan proyeksi permintaan daging ayam yang terus meningkat, sedangkan ancaman terhadap perusahaan adalah keadaan politik dan keamanan yang mempengaruhi perekonomian secara nasional dan pesaing cukup aktif dalam melancarkan strategi promosi dan meluncurkan produk baru dengan harga lebih rendah. Kekuatan perusahaan adalah pengendalian mutu dilakukan setiap tahap produksi sehingga produk perusahaan telah lama dikenal dengan baik di pasaran karena mutunya. Kelemahan perusahaan adalah sebagian besar bahan baku berasal dari luar negeri (impor). Berdasarkan hasil analisis matriks pertumbuhan pangsa pasar BCG terhadap posisi produk dalam persaingan pada tahun 2000 dengan asumsi nilai pangsa posisi masih tetap dari tahun 1999, produk pakan ternak ayam PT. Charoen Pokphand Indonesia terhadap pesaing utama (PT. Japfa Comfeed Indonesia) berada pada tipe Question Mark, dimana laju pertumbuhan pasar tinggi dan pangsa pasar relatif cukup rendah. Hal ini berarti PT.Charoen Pokphand Indonesia harus mengeluarkan dana yang cukup besar untuk mengikuti pertumbuhan pasar yang cepat dan perusahaan harus berpikir keras memikirkan ulang strateginya didalam mengantisipasi strategi ..dstid
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcAgricultural economicsid
dc.subject.ddcMarketingid
dc.titleAnalisis bauran pemasaran produk pakan ternak ayam di PT Charoen Pokphand Indonesia, Tbkid
dc.typeUndergraduate Thesisid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record