Show simple item record

dc.contributor.advisorSarma, Ma'mun
dc.contributor.authorNialda, Mela
dc.date.accessioned2024-03-22T01:00:01Z
dc.date.available2024-03-22T01:00:01Z
dc.date.issued2001
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/142882
dc.description.abstractMemasuki abad 21, perusahaan-perusahaan dipaksa untuk merubah strategi dan kebijaksanaan secara menyeluruh. Inovasi dan perspektif baru yang dilakukan PT. Trakindo Utama yaitu dengan memasarkan produk alat berat dengan cara countertrade, dimana PT. Trakindo Utama sebagai penjual alat berat memasarkan alat berat dan servisnya kepada pelanggan yang memproduksi komoditas ekspor non- migas, sedangkan pelanggan membayar alat berat dan servis tersebut menggunakan komoditas yang dihasilkannya (senilai harga alat berat dan servis yang dibelinya). Tujuan umum dari penelitian ini adalah menganalisis strategi pemasaran produk Caterpillar PT. Trakindo Utama dengan metode Countertrade, sedangkan tujuan khusus adalah mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor lingkungan eksternal dan faktor-faktor lingkungan internal PT. Trakindo Utama. Penelitian ini juga bertujuan untuk melihat posisi perusahaan pada matriks IE (Internal Eksternal) dan strategi yang perlu diterapkan dalam penentuan posisi perusahaan. Penelitian dilakukan pada PT. Trakindo Utama, yang berlokasi di Jakarta. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder yang diperoleh dari pihak perusahaan dan instansi yang terkait. Metoda pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah disajikan secara deskriptif untuk memperoleh gambaran mengenai perusahaan dan dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Faktor internal perusahaan menunjukan misi dan tujuan perusahaan, yaitu senantiasa menjadi wadah dan pencipta lapangan kerja bermutu; struktur organisasi PT. Trakindo Utama mengambil bentuk organisasi lini dan staf; dalam hal sumber daya manusia PT. Trakindo Utama memegang peranan penting sebagai mitra untuk mencapai keberhasilan usaha.; bidang pemasaran PT. Trakindo Utama bertanggungjawab dalam pemasaran produk-produk alat berat, di mana bagian ..dstid
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcAgricultural economicsid
dc.subject.ddcMarketingid
dc.titleAnalisis strategi perusahaan alat berat : Kasus pada pemasaran countertade PT. Trakindo Utama, Jakartaid
dc.typeUndergraduate Thesisid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record