Analisis strategi pemasaran produk desiccated coconut (Kelapa parut kering) : Studi kasus di PT Sari Segar Husada, Tarahan Propinsi Lampung
View/ Open
Date
1994Author
Notorahardjo, Arijanto
Daryanto, Heny Kuswanti
Metadata
Show full item recordAbstract
Adanya kenyataan bahwa kelapa adalah tanaman sosial yang mempunyai nilai ekonomi besar bagi masyarakat Indone- sia membuat kelapa dewasa ini mulai dikembangkan sebagai suatu agroindustri. Hal ini terlihat dari produk-produk olahannya yang bernilai tinggi seperti desiccated coconut, yang menjadi bahan tambahan pada industri biskuit dan coklat.
PT Sari Segar Husada adalah salah satu perusahaan yang menghasilkan desiccated coconut sejak tahun 1991 dengan tujuan pemasaran ekspor. Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana keadaan lingkungan pemasaran desiccated coconut, strategi pemasaran yang selama ini diterapkan, posisinya dilihat dari pertumbu- han, pangsa pasar dan daur hidupnya, prospek pemasarannya dan penerapan strategi pemasaran yang tepat dan sesuai dengan kondisi lingkungan pemasaran PT Sari Segar Husada. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan tersebut diatas.
Penelitian ini dilakukan dengan metode studi kasus. Data yang dikumpulkan adalah data primer dan sekunder. Data dianalisis dengan menggunakan analisis SWOT, bauran pemasaran, Matriks portfolio BCG dan daur hidup produk serta peramalan penjualan dengan menggunakan pemulusan eksponensial ganda. Data diolah secara manual dan dengan menggunakan komputer. Hasilnya disajikan dalam bentuk tabulasi dan diuraikan secara kualitatif berdasarkan kerangka teoritisnya....