dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari prinsip operasional dan manajemen bank berdasarkan prinsip bagi hasil, terutama dalam melakukan pem- biayaan bagi usaha kecil dan menengah, melihat kemampuan pelayanan bank prinsip bagi hasil dan tingkat efektivitas pengelolaan kredit pola bagi hasil serta melihat potensi dan prospek bank berdasarkan prinsip bagi hasil di masa yang akan datang.
Penelitian dilaksanakan di PT Bank Muamalat Indonesia (BMI), Jakarta dan Bank Perkreditan Rakyat Syariah (BPRS) Amanah Ummah Kecamatan Leuwiliang Kabupaten Bogor Propinsi Jawa Barat dari bulan April s/d Juni 1993. Metode pene- litian yang digunakan adalah studi kasus dan metode survei dengan teknik sensus terhadap semua nasabah pengambil kredit pola bagi hasil. Data yang digunakan berupa data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari nasabah pengambil kredit pola bagi hasil di BPRS Amanah Ummah dan pengelola BPRS Amanah Ummah. Sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumen-dokumen yang terdapat di BMI Jakarta dan BPRS Amanah Ummah Kecamatan Leuwiliang.
Analisis data dilaksanakan secara manual yaitu analisis deskriptif dengan diper- jelas dengan tabulasi silang dan diagram. Analisis uji non-parametrik menggunakan uji chi-kuadrat untuk menguji data yang bersifat kualitatif.
Ada tiga perbandingan pokok antara operasional bank prinsip bagi hasil dengan bank konvensional ada yaitu (1) bagi hasil (revenue sharing) atas dana yang disim- pan atau diinvestasikan di bank (2) bentuk dan teknik operasional atas pembiayaan serta tata cara pelaksanaannya (3) teknik operasional bagi hasil (profit sharing) atas pembiayaan yang diberikan bank. Prinsip dasar yang digunakan sebagai dasar pengelolaan sumber dana adalah tidak dibenarkan adanya penentuan awal terhadap suatu kemungkinan yang belum pasti.
Dalam implementasinya, ada beberapa metode dasar yang diterapkan pada bank dengan prinsip bagi hasil yaitu sistem bagi hasil (profit and loss sharing), sistem jual beli dengan margin keuntungan (mark-up), sistem sewa, sitem jasa (fee), dan biaya administrasi.
Pada penelitian ini untuk melihat keefektifan pengelolaan kredit pola bagi hasil (profit and los sharing) dilakukan dengan menggunakan tolok ukur keberhasilan secara totalitas, yaitu dari sisi penyedia dana (pihak bank) maupun dari sisi penggu- na dana (debitur)…dst | id |