Pelaksanaan strategi pemasaran ikan tuna dalam kaitannya dengan strategi perusahaan : studi kasus di PT. Perikanan Samodra Besar, Benoa, Bali
Abstract
Dalam usaha meningkatkan produksi dan pemasaran ikan Indonesia, khususnya ekspor, permasalahan. yang tuna dihadapi BUMN perikanan sebagai Badan Usaha Milik Negara adalah terdapat kesenjangan antara tujuan meningkatkan penjualan dan laba, dengan hasil yang diperoleh. Hal ini berkaitan erat pemasaran yang dijalankan perusahaan. dengan strategi
Kesenjangan yang terjadi dapat dianalisa dengan menggunakan analisa volume penjualan dan analisa laba bersih operasi. Strategi pemasaran suatu perusahaan merupakan perincian lebih lanjut dari perencanaan strategis perusahaan yang didasarkan atas misi dan tujuan perusahaan. Dalam menentukan alternatif strategi, penyusun strategi harus lebih dulu mengidentifikasi kesempatan dan tantangan lingkungan serta keunggulan strategis perusahaan. Keberhasilan penentuan strategi pemasaran yang tepat diharapkan dapat menghilangkan kesenjangan.
Hasil praktek Lapang menunjukkan strategi pemasaran perusahaan yang dilaksanakan belum dapat menghilangkan kesenjangan yang terjadi. Tujuan meningkatkan volume penjualan dan bagian pasar belum dapat dicapai, walaupun tujuan meningkatkan profitabilitas sudah mulai dapat dicapai...