Show simple item record

dc.contributor.advisorAlamudi, Aam
dc.contributor.advisorAdisantoso, Julio
dc.contributor.authorPertiwi, Asih
dc.date.accessioned2024-02-23T00:17:00Z
dc.date.available2024-02-23T00:17:00Z
dc.date.issued1997
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/139672
dc.description.abstractFaktor-faktor yang dapat menjelaskan perbedaan keberhasilan mahasiswa Tingkat Persiapan Ber- sama (TPB) Institut Pertanian Bogor perlu diketahui, sehingga dapat dilaksanakan berbagai upaya per- baikan untuk mengantisipasi tingkat kegagalannya yang cukup tinggi pada setiap akhir tahun ajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menduga faktor-faktor paling signifikan yang berkaitan dengan prestasi belajar mahasiswa TPB IPB pada tahun ajaran 1995/1996 serta melihat peranan faktor-faktor tersebut. Metode CHAID (Chi-Square Automatic Interaction Detection) digunakan dalam penelitian ini un- tuk membuat pemisahan pengamatan menurut peubah respon dan peubah-peubah penjelas yang diuji- kan. CHAID merupakan bagian dari AID (Automatic Interaction Detection) yang diterapkan pada pe- ubah respon berskala nominal atau ordinal dengan memaksimumkan signifikansi pada tiap pemisah- annya, menggunakan statistik khi-kuadrat. Hasil analisis CHAID disajikan dalam dendogram yang memisahkan mahasiswa TPB berdasarkan peubah responnya yaitu predikat kelulusan. Faktor-faktor paling signifikan yang berkaitan dengan pe- misahan tersebut adalah jumlah Nilai Ebtanas Murni (NEM) SMA, daerah asal SMA, besar penerima- an perbulan, fakultas, jalur masuk IPB, serta apakah memiliki sahabat atau tidak. Dari data yang dianalisis terlihat bahwa mahasiswa yang cenderung memperoleh hasil belajar ting- gi adalah yang memiliki NEM lebih dari 50.00, penerimannya di bawah 200 ribu dan berasal dari SMA di pulau Jawa. Jika NEM terletak pada selang antara 45.00 sampai dengan 50.00 yang berpres- tasi adalah yang berasal dari SMA di pulau Jawa, memiliki sahabat dan berada di Fakultas Pertanian, Perikanan, Teknologi Pertanian, atau MIPA. Sedangkan pada selang NEM antara 35.00 sampai dengan 45.00 yang memiliki prestasi tinggi adalah mahasiswa dari jalur USMI dan berasal dari SMA di pulau Jawa. Mahasiswa yang diterima di Fakultas Teknologi Pertanian meskipun NEM-nya kurang dari 35.00 tampaknya cenderung berhasil menyelesaikan studinya.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleMetode chaid untuk menduga faktor-faktor yang paling signifikan terhadap prestasi mahasiswa TPB IPBid
dc.typeUndergraduate Thesisid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record