View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Economics and Management
      • UT - Resources and Environmental Economic
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Economics and Management
      • UT - Resources and Environmental Economic
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Peran Deposit Refund System Perusahaan Kosmetik dalam Pengurangan Limbah Bekas Kemasan dan Jejak Emisi

      Thumbnail
      View/Open
      Cover (430.9Kb)
      Fullteks (1.831Mb)
      Lampiran (361.2Kb)
      Date
      2024
      Author
      Andamari, Hasna Azizka
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Selama 15 tahun, The Body Shop Indonesia memberlakukan program Bring Back Our Bottles (BBOB) sebagai penerapan Deposit Refund System (DRS) untuk menangani permasalahan limbah yang terus meningkat. Tujuan dari penelitian ini ialah (1) mengetahui motivasi perusahaan, (2) mengestimasi besar pengurangan limbah dan reduksi emisi program, (3) mengestimasi manfaat ekonomi produk daur ulang mitra, dan (4) menganalisis persepsi konsumen terhadap program. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, analisis potensi nilai emisi, analisis potensi abatemen dan nilai ekonomi karbon, analisis manfaat ekonomi, dan analisis persepsi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) program BBOB berjalan sesuai dengan motivasi perusahaan yang tidak ingin melihat limbah produknya berakhir di TPA, (2) nilai reduksi emisi CO2 dalam 10 tahun mencapai 13.890,8 ton CO2 dengan nilai ekonomi karbon sebesar Rp416.709.000 serta potensi biaya abatemen gas rumah kaca sebesar 1,26 kg CO2 per Rp 1.000, (3) manfaat ekonomi yang dihasilkan setiap bulan dari daur ulang limbah kemasan masing-masing sebesar Rp176.470,58/kg untuk cenderamata alas gelas, Rp214.285,71/kg untuk cenderamata sisir, dan Rp56.626,50/kg untuk furnitur sofa, dan (4) analisis persepsi konsumen menunjukkan program BBOB berdampak positif terhadap loyalitas konsumen.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/138334
      Collections
      • UT - Resources and Environmental Economic [2336]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository