Show simple item record

dc.contributor.advisorRistianingrum, Anita
dc.contributor.authorSimanjuntak, Disney
dc.date.accessioned2024-02-05T03:20:57Z
dc.date.available2024-02-05T03:20:57Z
dc.date.issued2006
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/137523
dc.description.abstractSeiring dengan pertumbuhan penduduk di kota-kota besar, terjadi perubahan prioritas dalam penggunaan lahan. Semakin banyak lahan digunakan sebagai areal pemukiman. Kepadatan bangunan dan ruangan menyebabkan kejenuhan bagi manusia yang beraktivitas di dalamnya, karena itu diperlukan fasilitas dalam gedung yang dapat membuat suasana lebih nyaman dan asri, yang dapat diwujudkan dengan menempatkan tanaman dalam ruangan. Kebutuhan akan penyediaan dan perawatan tanaman hias dalam ruangan atau gedung yang tidak dapat disediakan pengelola gedung dapat dipenuhi oleh usaha rental tanaman hias. Selain menyediakan tanaman hias dan wadahnya, rental tanaman hias juga akan merawat tanaman yang disewakan dengan melakukan penyiraman dan penggantian tanaman pada waktu yang ditentukan. Bagi perusahaan yang ingin menarik dan mempertahankan pelanggan harus memberikan mutu pelayanan dan produk yang sesuai dengan harapan pelanggan, bahkan melebihi dari apa yang diharapkan pelanggan sehingga senantiasa dapat memuaskan pelanggannya. Sebaliknya, apabila konsumen merasa tidak puas dan menemukan alternatif lain karena banyaknya penawaran dari pesaing, maka konsumen akan semakin berkurang. Berkurangnya jumlah konsumen yang menjalin kerjasama maupun yang hendak dijangkau inilah yang harus diantisipasi. Alam Segar merupakan salah satu pelaku usaha rental tanaman hias yang melayani konsumen yang membutuhkan tanaman hias untuk disewa di daerah Jabotabek. Tahun 2005, kenaikan harga BBM mendorong terjadinya pemutusan kerjasama 10 dari 281 perusahaan konsumen Alam Segar, karena konsumen mengurangi pengeluaran untuk tanaman hias. Walaupun konsumennya berkurang karena pertimbangan biaya, namun bila konsumen merasa puas, konsumen akan kembali berlangganan dengan Alam Segar setelah dananya tercukupi, bukan mencari alternatif atau berlangganan dengan pesaing Alam Segar. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Menganalisa penilaian konsumen terhadap tingkat kinerja dan kepentingan atribut produk dan pelayanan yang diberikan rental tanaman hias Alam Segar, (2) Merumuskan strategi pemasaran. bagi rental tanaman hias Alam Segar untuk mempertahankan konsumennya dan menjangkau konsumen baru. Data diperoleh dari pemilik dan konsumen Alam Segar dengan cara wawancara dan pengisian kuesioner. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 30 sampel dengan pemilihan berdasarkan metode purposive sampling, yaitu kepala cabang atau Customer Relations Manager untuk bank, kepala bagian produksi atau sekretaris untuk kantor, sekretaris untuk tempat ibadah, pengelola untuk tempat hiburan, ibu rumah tangga untuk tempat tinggal pribadi, dan bagian perlengkapan untuk lembaga pendidikan, dengan pertimbangan responden adalah orang yang berhubungan dengan Alam Segar untuk masalah pengadaan tanaman hias di tempat masing-masing dan bersedia diwawancara...id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcTanaman hiasid
dc.subject.ddcJakartaid
dc.subject.ddcCiputatid
dc.titleAnalisis kepuasan konsumen rental tanaman hias pada alam segar indoor plant rental, Ciputatid
dc.typeUndergraduate Thesisid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record