Show simple item record

dc.contributor.advisorHarmini
dc.contributor.authorLatifah, Iif
dc.date.accessioned2024-02-05T02:54:37Z
dc.date.available2024-02-05T02:54:37Z
dc.date.issued2006
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/137509
dc.description.abstractIndustri minuman kesehatan yang berjenis minuman isotonik mengalami perkembangan dari tahun 2000-2004. Hal ini dikarenakan meningkatnya tingkat kesejahteraan dan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan. PT Amerta Indah Otsuka (AIO) merupakan salah satu produsen minuman isotonik dengan merek dagang Pocari Sweat. Produk Pocari Sweat menjadi pemimpin pasar (market leader) di Indonesia pada tahun 2004. untuk mempertahankan posisi tersebut dan pencapaian target pasar selanjutnya, maka PT Amerta Indah Otsuka perlu memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen untuk membeli produknya. Faktor-faktor tersebut antara lain faktor lingkungan, individu, dan psikologis. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mengatasi hal di atas adalah memasarkan produk Pocari Sweat dengan harga yang dapat dijangkau oleh semua kalangan (memproduksi Pocari Swent dalam bentuk sachet)baik kalangan atas, bawah maupun tingkat pelajar (mahasiswa/mahasiswi). Tujuan penelitian ini antara lain adalah menganalisis perilaku dan proses keputusan konsumen (mahasiswa) dalam pembelian minuman isotonik Pocari Sweat, menganalisis tingkat kepentingan dan tingkat kinerja atribut-atribut produk minuman isotonik Pocari Sweat menurut konsumen (mahasiswa), dan menyusun rekomendasi alternatif kebijakan pemasaran dalam meningkatkan pengembangan produk minuman isotonik Pocari Sweat. Penelitian ini dilaksanakan di kampus Institut Pertanian Bogor (IPB). Lokasi yang dipilih antara lain kampus IPB Darmaga, kampus IPB Baranangsiang dan kampus IPB Cilibende. Pemilihan tempat dilakukan secara sengaja (purposive). Teknik pengambilan sempel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Non Probability Judgment Sampling, dengan kriteria-kriteria yang akan digunakan sebagai acuan dalam penarikan sampel adalah responden yang dipilih, mengetahui, mengenal dan pernah mengkonsumsi minuman isotonik Pocari Sweat dalam jangka waktu maksimal satu bulan terakhir. Metode penelitian yang digunakan adalah Analisis Deskriptif, Importance-Performance Analysis dan Indeks Kepuasan Pelanggan (Customer Satisfaction Index). Analisis deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan karakteristik konsumen dan tahapan keputusan pembelian konsumen. Importance-Performance Analysis digunakan untuk mempersentasikan dan memetakan atribut-atribut kinerja produk Pocari Sweat menurut tingkat kepentingan atau performance (kinerja). Customer Satisfaction Index digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan konsumen berdasarkan atribut-atribut tertentu dengan melihat tingkat kepentingan dan kinerja dari produk. ...id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcMinumanid
dc.subject.ddcPemasaranid
dc.subject.ddcJawa Baratid
dc.subject.ddcBogorid
dc.titleAnalisis proses keputusan konsumen dalam pembelian minuman isotonik "pocari sweat" dan implikasinya terhadap bauran pemasaran:kasus mahasiswa IPB Bogorid
dc.typeUndergraduate Thesisid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record