Analisis strategi pemasaran pada CV. Celup Mitra Saudara, Bogor, Jawa Barat
Abstract
Pola hidup masyarakat terutama di daerah perkotaan, sekarang lebih cenderung untuk mengkonsumsi makanan di luar rumah. Pergeseran kebiasaan makan ini dipengaruhi oleh aktivitas masyarakat perkotaan yang semakin padat dan kompleks, sehingga menyebabkan waktu untuk membuat makanan di rumah menjadi lebih sedikit. Keadaan inilah yang menyebabkan tingginya permintaan masyarakat terhadap jasa penyediaan makanan, baik dalam bentuk mentah maupun makanan jadi yang menawarkan berbagai alternatif menu dan masakan dari dalam maupun luar negeri. Banyaknya menu dan variasi makanan yang tersedia di luar rumah, juga merupakan salah satu indikasi yang menyebabkan masyarakat lebih memilih mengkonsumsi makanan di luar rumah daripada di rumah.
CV. Celup Mitra Saudara merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa penyediaan makanan siap saji (fast food) khususnya produk sea food olahan. Perusahaan ini melahirkan suatu konsep tempat makan yang unik dan pertama di Indonesia, yang dinamakan Mr. Celup's. Ciri khas dari Mr. Celup's ini adalah semua makanannya ditusuk seperti sate lalu dicelupkan ke dalam kuah mendidih atau digoreng, lalu disiram berbagai macam bumbu, mulai dari bumbu sambel kacang, dabu-dabu Manado, saos pedas, kecap manis.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendiskripsikan strategi bauran pemasaran yang diterapkan di CV. Celup Mitra Saudara. (2) Menganalisis faktor- faktor lingkungan internal dan eksternal yang dihadapi oleh CV. Celup Mitra Saudara. (3) Merumuskan alternatif strategi pemasaran yang dapat dilakukan oleh CV. Celup Mitra Saudara di masa yang akan datang.
Penelitian ini dilaksanakan di CV. Celup Mitra Saudara, Jl. Danau Tondano, Bogor, Jawa Barat. Penelitian di lapang dilakukan pada bulan Maret- April 2006. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dengan melakukan pengamatarı di lapang, wawancara dan kuesioner kepada pihak pengelola rumah makan. Data sekunder didapatkan dari pustaka dan literatur, skripsi, buku yang relevan dengan penelitian ini, baik yang berasal dari CV. Celup Mitra Saudara maupun instansi lain, seperti Badan Pusat Statistik (BPS), Dinas Pariwisata dan lain-lain. Data disajikan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan pendekatan manajemen strategi dan manajemen pemasaran. Analisis deskriptif kualitatif digunakan untuk mengetahui lingkungan perusahaan agar diketahui apa yang menjadi kekuatan. kelemahan, peluang dan ancaman yang dihadapi perusahaan. Sedangkan analisis kuantitatif digunakan pada matriks IFE, matriks EFE, matriks IE, matriks SWOT dan matriks QSPM.