View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Agriculture
      • UT - Agronomy and Horticulture
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Agriculture
      • UT - Agronomy and Horticulture
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Perceptual mapping fast food kentucky fried chicken di mata pelanggan : studi kasus KFC ITC Depok, KFC Mal Depok, KFC Ramayana Depok dan KFC Carefour M.T. Haryono

      Thumbnail
      View/Open
      full text (3.941Mb)
      Date
      2006
      Author
      Puspitasari, Irene
      Wagiono, Yayah K.
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Prospek pengembangan restoran fast food yang berskala global di Indonesia cukup besar. Makanan siap saji adalah jenis makanan yang memberikan banyak kelebihan seperti praktis, penyajian yang cepat, kebersihan yang terjamin dan unsur kenyamanan. Fast food sukses di pasar lokal karena kekuatan marker position-nya, yaitu bagaimana konsumen menetapkan cara produk berdasarkan tempat yang diduduki produk di dalam ingatan konsumen dalam hubungannya dengan produk pesaing Kentucky Fried Chicken (KFC) mempunyai nilai tertinggi untuk Top of Mind Awareness dibandingkan dengan brand lainnya, yang memberi arti bahwa perusahaan memiliki tempat tertinggi dan paling menonjol di benak konsumen. Walaupun KFC tetap bertahan menjadi fast food nomor satu di benak masyarakat ternyata pertumbuhan pangsa penjualan menurun. Pesaing utama telah mengambil pangsa pasar merek fast food selain KFC, namun tidak menutup kemungkinan di masa mendatang pangsa pasar KFC akan direbut oleh pesaing utamanya itu. KFC sebagai restoran fast food yang telah beroperasi di Indonesia 28 tahun silam, merasa perlu mengevaluasi faktor-faktor kebutuhan pelanggan terhadap restoran siap saji dan mengevaluasi market positioning mereknya yang dipetakan dalam perceptual mapping sehingga didapatkan solusi untuk mempertahankan marker position Kentucky Fried Chicken melalui brand loyality dan brand image di mata pelanggan Penelitian ini mengevaluasi karakteristik konsumen dan identifikasi kebutuhan konsumen yang dianalisis dengan metode descriptive analysis. Analisis prioritas kepentingan atribut konsumen fast food yang datanya diolah dengan customer satisfaction index, dimana hal tersebut mempengaruhi loyalitas pelanggan terhadap produk sehingga dapat diketahui secure customer dan vulnerable customer melalui secure customer index, Serta analisis atribut-atribut yang paling memberikan kontribusi dalam menentukan kepuasan pelanggan, melalui key driver analysis. Customer satisfaction index dan key driver analysis mengacu pada dimensi SERVQUAL, yang terbagi menjadi lima dimensi yaitu tangible, realibility, responsiveness, assurance, dan emphaty. Kelima dimensi ini mencakup 20 atribut penilaian pada restoran siap saji yang akan disajikan kepada pelanggan. Hasil analisis diatas akan menarik kesimpulan yang tertuang dalam quadrant analysis yang berkenaan dengan persepsi konsumen terhadap atribut KFC. Evaluasi perilaku konsumen sangat menentukan dalam proses pengambilan keputusan membeli. Terdapat lima jawaban yang menjadi alasan responden ketika pergi ke restoran fast food, yaitu kebutuhan untuk makan, kebutuhan menghemat waktu dengan makanan siap saji, berkumpul dengan teman/keluarga, mengisi waktu luang, dan modern gaya hidup.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/137044
      Collections
      • UT - Agronomy and Horticulture [7620]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository