Analisis proses keputusan pembelian konsumen ke restoran tradisional ayam bakar Pak Atok dan gule kambing Bu Joko, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor
Abstract
Menjamurnya restoran di kabupaten Bogor terutama di kecamatan Ciawi
menyebabkan terjadinya persaingan diantara berbagai jenis restoran. Persaingan
menuntut pengusaha restoran untuk menjalankan strategi yang mengacu pada
orientasi konsumen yaitu melihat sejauh mana kebutuhan konsumen, karena
kelangsungan hidup usahanya sangat ditentukan oleh konsumen melalui tindakan
pembeliannya.Salah satu restoran yang baru berdiri dan menyajikan menu
tradisional di kecamatan Ciawi yaitu Restoran Tradisional Ayam Bakar Pak Atok
dan Gule Kambing Bu Joko, Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor. Di tengah
maraknya persaingan usaha restoran, restoran tersebut harus mampu meraih,
mempertahankan dan meningkatkan konsumen. Berdasarkan studi pendahuluan
melalui wawancara dengan pihak restoran menyatakan bahwa semenjak berdiri
besarnya tingkat penjualan ayam kampung dan gule kambing masih relatif stabil
dan belum mengalami peningkatan penjualan yang signifikan. Oleh karena itu,
langkah awal yang perlu dilakukan adalah studi tentang perilaku konsumen
Adapun tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi karakteristik konsumen, menganalisis proses keputusan pembelian konsumen, menganalisis keragaan atribut restoran dan produk andalan berdasarkan tingkat kepentingan dan tingkat kepuasan konsumen dan menyusun rekomendasi kebijakan pemasaran yang sesuai untuk Restoran Tradisional Ayam Bakar Pak Atok dan Gule Kambing Bu Joko, Ciawi Bogor.
Penelitian dilakukan pada Restoran Tradisional Sunda Ayam Bakar Pak Atok dan Gule Kambing Bu Joko di Jalan Raya Sukabumi No. 35 Ciawi Bogor. Kegiatan pengumpulan data dilaksanakan mulai bulan Februari - April 2005. Teknik penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Purposive Sampling (Judgement Sampling). Analisis deskriptif digunakan untuk menganalisis karakteristik konsumen, proses keputusan pembelian konsumen dan pemetaan tingkat kepentingan dan kepuasan konsumen terhadap atribut restoran dan produk andalan. Selanjutnya, dilakukan tabulasi silang antara setiap tahapan proses keputusan pembelian dengan karakteristik usia dan pengeluaran. Adapun Model Angka Ideal digunakan untuk menganalisis atribut restoran dan produk andalan berdasarkan tingkat kepentingan, harapan dan kinerja aktual. Tingkat kepuasan konsumen terhadap atribut restoran dan produk andalan diperoleh dari selisih antara nilai kinerja aktual atribut dengan harapannya. Kemudian, tingkat kepentingan dan tingkat kepuasan konsumen dipetakan pada diagram kartesius.
Pada tahap pengenalan kebutuhan, alasan/motivasi responden berkunjung ke restoran sebagian besar karena rasa lapar dan manfaat yang dicari yaitu sebagai tempat melepas rasa lapar. Berdasarkan tingkat keterlibatan, responden merasa biasa saja jika tidak berkunjung ke restoran. Pada tahap pencarian informasi, sebagian besar responden memperoleh informasi mengenai restoran dari papan nama restoran. Adapun yang menjadi fokus perhatian responden dalam mencari ..dst