dc.description.abstract | Acara pendidikan di televisi lebih di "cap" sebagai acara televisi yang paling membosankan. Karena itu tidak banyak pemirsa televisi yang menonton acara pendidikan di televisi, padahal acara pendidikan sangat penting bagi masyarakat. Mahasiswa sebagai kaum intelektual membutuhkan beragam ilmu pengetahuan yang dapat mendukung studinya. Acara pendidikan televisi saat ini sudah mengalami perubahan yang besar dengan tujuan dapat memenuhi kebutuhan pendidikan bagi masyarakat luas khususnya kaum intelektual. Namun, tidak semua mahasiswa mengetahui adanya perubahan tersebut. Minat untuk menonton acara pendidikan dipengaruhi oleh kemasan acara pendidikan tersebut. Bila kemasan acara tidak menarik maka acara tersebut tidak akan di lihat, padahal dengan perubahan yang selalu terjadi setiap harinya, pemirsa televisi membutuhkan pengetahuan (pendidikan). Mahasiswa dalam hal ini memiliki kemampuan yang baik untuk menilai dan mengkritisi acara pendidikan di televisi, mengingat bahwa mahasiswa merupakan orang yang bergerak dalam bidang akademis dan memiliki latar belakang pendidikan yang tinggi.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1). Untuk mengetahui sejauhmana hubungan antara karakteristik mahasiswa dengan persepsi mahasiswa terhadap kemasan acara pendidikan di televisi, (2) Untuk mengetahui sejauhmana hubungan antara karakteristik mahasiswa dengan minat mahasiswa untuk menonton acara ..dst | id |