Show simple item record

dc.contributor.advisorPurwono, Djoko
dc.contributor.authorMidawati
dc.date.accessioned2024-01-30T05:51:19Z
dc.date.available2024-01-30T05:51:19Z
dc.date.issued2005
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/136684
dc.description.abstractPT Sanghiang Perkasa adalah anak perusahaan Grup Kalbe Farma yang bergerak dalam bidang produksi makanan yang berbasis kesehatan, dan salah satu produknya adalah susu formula bayi Morinaga BMT Laktoferin. Pada awal dikeluarkannya produk tersebut cukup mendapat tanggapan yang positif dari konsumen yang ditunjukkan dengan omzet penjualan yang meningkat dan mencapai target yang ditetapkan oleh perusahaan, tetapi seiring dengan perkembangan teknologi dan bertambah banyaknya pesaing, omzet penjualan susu formula Morinaga BMT Laktoferin di wilayah Bogor pada bulan Mei 2004 hingga Februari 2005 mulai mengalami trend penurunan dan tidak mencapai target yang telah ditetapkan sebelumnya. Persentase proporsi penurunan realisasi penjualan dari pencapaian target penjualan terbesar terjadi pada bulan Mei 2004 yaitu turun sebesar 48,68 persen. Banyaknya pesaing dalam industri susu formula bayi dan meningkatnya pengetahuan konsumen tentang kandungan gizi yang diperlukan oleh bayinya, membuat perusahaan memerlukan studi perilaku konsumen untuk merumuskan strategi bauran pemasaran yang tepat dan efektif sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji karakteristik umum konsumen susu formula bayi, menganalisis proses keputusan pembelian susu formula bayi, faktor- faktor yang mempengaruhi konsumen dalam proses keputusan pembelian susu formula bayi, menganalisis penilaian konsumen terhadap tingkat kepentingan dan ketidakpuasan atribut susu formula bayi Morinaga BMT Laktoferin, menganalisis posisi relatif susu formula bayi Morinaga BMT Laktoferin dibandingkan pesaingnya. Dengan demikian kemudian dapat disusun rekomendasi kebijakan strategi bauran pemasaran yang tepat untuk susu formula bayi Morinaga BMT Laktoferin berdasarkan studi perilaku konsumen. Pengambilan sampel dilakukan di lokasi yang ditentukan secara sengaja (purposive) yaitu di Kota Bogor tepatnya di Supermarket Hero Padjajaran Bogor, Toserba Yogya Plaza Surya Kencana, Toserba Yogya Plaza Indah Bogor, dan Minimarket Grand. Penarikan sample dilakukan secara convenience sampling. Pengolahan data menggunakan tabulasi deskriptif untuk mengkaji karakteristik umum konsumen susu formula bayi dan menganalisis proses keputusan pembelian. Selanjutnya faktor-faktor yang mempengaruhi proses keputusan pembelian susu formula bayi dianalisis menggunakan-analisis faktor. Sementara itu, model sikap multiatribut angka ideal dan Uji Friedman digunakan untuk menganalisis penilaian tingkat kepentingan dan tingkat ketidakpuasan atribut susu formula Morinaga BMT Laktoferin. Kemudian posisi relatif susu formula Morinaga BMT Laktoferin dibandingkan dengan pesaingnya di analisis menggunakan analisis Biplot. Akhirnya berdasarkan hasil analisis perilaku konsumen tersebut dan analisis terhadap segmentasi pasar, penetapan pasar, dan ..dstid
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcSusu formulaid
dc.subject.ddcPemasaranid
dc.subject.ddcJawa Baratid
dc.subject.ddcBogorid
dc.titleAnalisis perilaku konsumen dalam proses keputusan pembelian susu formula bayi dan implikasinya terhadap strategi bauran pemasaran PT. Sanghiang Perkasa Bogor, Bogorid
dc.typeUndergraduate Thesisid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record