Analisis respon konsumen terhadap kualitas pelayanan toko buah segar fress-E, Depok
Abstract
Indonesia memiliki sumberdaya alam yang luas dan kondisi iklim yang cocok untuk pembudidayaan buah-buahan, sehingga buah-buahan menjadi salah satu jenis komoditi hartikultura yang memiliki potensi untuk dikembangkan. Peningkatan jumlah penduduk Indonesia dan meningkatnya kesadaran masyarakat akan pemenuhan kebutuhan komposisi gizi yang seimbang memberikan dampak pada meningkatnya permintaan terhadap buah.
Buah dapat diperoleh oleh konsumen pada berbagai lembaga pemasaran yang menyediakan buah-buahan. Salah satu lembaga pemasaran dimana konsumen dapat memperoleh buah adalah pengecer. Toko buah Fress-e, Depok merupakan salah satu pelaku usaha eceran modern yang khusus menjual buah segar. Toko sejenis atau pasar swalayan yang menyediakan produk, mutu dan pelayanan yang sejenis dengan apa yang ditawarkan toko buah Fress-e semakin meningkat jumlahnya, oleh karena itu perusahaan harus dapat memberikan pelayanan yang terbaik untuk kepuasan konsumennya, sehingga mampu merebut dan mempertahankan pelanggan yang ada. Berdasarkan hal tersebut maka diperlukan suatu penelitian yang menganalisis tanggapan konsumen terhadap kualitas pelayanan toko buah itu sendiri.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keragaaan toko dan karakteristik konsumen dari Toko Buah Fress-e, menganalisis tingkat kepentingan dan tingkat pelaksanaan konsumen terhadap kualitas pelayanan Toko Buah Fress-e, dan memformulasikan alternatif strategi pemasaran yang dapat diterapkan oleh Toko Buah Fress-e, Depok. Pengumpulan data dilaksanakan di Toko Buah Fress-e, Depok pada bulan Oktober sampai November 2005. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara dan penyebaran kuisioner kepada responden, sedangkan data sekunder diperoleh dari berbagai sumber seperti literatur yang terkait dengan topik penelitian, BPS, dan perpustakaan. Metode penarikan sampel adalah accidental sampling. Metode pengambilan data yang digunakan dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 konsumen yang sedang berkunjung ke Toko Buah Fress-e, Depok pada saat penelitian dilaksanakan. ...