View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Agriculture
      • UT - Agronomy and Horticulture
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Agriculture
      • UT - Agronomy and Horticulture
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Analisis pemasaran buah-buahan di wilayah Kabupaten Karawang

      Thumbnail
      View/Open
      Full Text (19.27Mb)
      Date
      2005
      Author
      Gantina, Iyan
      Wagiono, Yayah K.
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Konsumsi buah-buahan yang dilakukan oleh masyarakat cenderung meningkat sejalan dengan keadaan ekonomi yang semakin membaik dan ditunjukkan oleh meningkatnya pengeluaran perkapita masyarakat per bulan yang dalam lima tahun terakhir tercatat meningkat rata-rata sebesar 12,055 persen. Peningkatan pengeluaran perkapita masyarakat ini tidak didukung oleh sistem pemasaran yang baik sehingga harga buah-buahan yang dibayarkan oleh masyarakat menjadi terlalu mahal akibat panjangnya saluran pemasaran yang tidak didukung oleh peningkatan kualitas produk yang di perdagangkan maupun peningkatan kualitas pemasaran. Selain itu konsumsi buah yang meningkat tidak didukung oleh kesiapan para pelaku pertanian buah di Kabupaten Karawang sehingga kebutuhan buah harus dipenuhi dengan cara mendatangkan buah-buahan dari daerah lain sehingga arus uang yang cukup besar yaitu sekitar 6,75 milyar per tahun dengan asumsi konsumsi sebanyak 1,5 Kg/tahun dan harga buah Rp. 5.000,- tidak dapat dinikmati secara maksimal oleh para petani buah Kabupaten Karawang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari struktur, perilaku dan keragaan pasar buah-buahan di wilayah Kabupaten Karawang. Melakukan analisis mengenai peranan Pasar Cikampek I sebagai barometer harga dalam pemasaran buah- buahan di wilayah Kabupaten Karawang, serta mempelajari prospek pengembangan pemasaran buah-buahan yang diproduksi oleh petani Karawang. Penelitian ini dilakukan pada empat unit pasar di wilayah Kabupaten Karawang, yaitu Pasar Cikampek I, Pasar Kosambi, Pasar Johar, dan Pasar Karawang. Waktu pelaksanaan penelitian ini adalah pada bulan Agustus hingga Oktober 2004. penarikan dan pemilihan responden dilakukan secara purpossive. Analisis ini dilakukan dengan mendalami sistem pemasaran yang terjadi termasuk saluran pemasaran yang dilakukan oleh para pedagang, melalui pendekatan struktur pasar yang terjadi, juga dengan melihat perilaku pihak-pihak yang terlibat dalam pemasaran buah-buahan ini. Sedangkan untuk mengukur tingkat efisiensi pemasaran digunakan dua pendekatan yaitu efisiensi operasional dengan melihat marjin pemasaran dan efisiensi harga dengan menghitung indeks keterpaduan pasar, sesuai dengan modedi keterpaduan pasar (autoregressive distributed lag) sebagaimana diperkenalkan oleh Ravallion, 1986 dan dimodifikasi oleh Timmer, 1987. ...
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/136435
      Collections
      • UT - Agronomy and Horticulture [7620]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository