Show simple item record

dc.contributor.advisorPramudita, Danang
dc.contributor.advisorIsmail, Ahyar
dc.contributor.authorFatimatuzzahra, Octa Insyira
dc.date.accessioned2024-01-17T08:16:25Z
dc.date.available2024-01-17T08:16:25Z
dc.date.issued2024-01-17
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/135064
dc.description.abstractWisata dipandang sebagai salah satu sektor yang dapat meningkatkan pendapatan masyarakat serta pendapatan asli daerah apabila dapat dikelola dan dikembangkan dengan baik. Wisata alam menjadi wisata yang saat ini digemari oleh wisatawan. Salah satu objek wisata yang sedang naik daun adalah Situ Gunung. Kegiatan wisata di objek wisata tersebut dapat meningkatkan lapangan kerja, juga merangsang pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi wisatawan terhadap kondisi lingkungan di objek Wisata situ Gunung, mengetahui faktor apa saja yang memengaruhi permintaan wisata di objek wisata Situ Gunung, serta menganalisis dampak ekonomi akibat kegiatan wisata tersebut. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif, regresi logistik, dan multiplier effect. Ada sembilan aspek penilaian persepsi wisatawan terhadap kondisi lingkungan di objek wisata Situ Gunung. Hasil analisis persepsi mendapatkan total skor rataan 4,20 dimana hasil tersebut menunjukkan bahwa persepsi wisatawan terhadap kondisi lingkungan di objek wisata Situ Gunung tergolong baik. Dari delapan variabel bebas yang diuji, biaya perjalanan dan jarak tempuh berpengaruh signifikan terhadap kunjungan wisata di Situ Gunung. Total nilai pengeluaran wisatawan sebesar Rp 67.806.038.252/tahun dengan total kebocoran sebesar Rp 29.308.319.547/tahun. Nilai dampak ekonomi langsung wisata Situ Gunung sebesar Rp 4.649.520.143/tahun sedangkan nilai dampak ekonomi tidak langsung yang didapat sebesar Rp 3.493.775.294/tahun, serta nilai dampak ekonomi lanjutan sebesar Rp 1.221.457.143/tahun. Dari nilai dampak tersebut, didapatkan nilai multiplier effect yaitu 0,24, yang artinya dampak ekonomi di kawasan wisata Situ Gunung masih tergolong rendah. Sedangkan nilai ratio income multiplier I sebesar 1,76 dan nilai ratio income multiplier II sebesar 2,02.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleAnalisis Dampak ekonomi dan Persepsi Lingkungan Di Wisata Situ Gunung Sukabumi Jawa Baratid
dc.title.alternativeAnalysis of economic impact and environmental perception In Situ Gunung tourism Sukabumi West Javaid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordlogistic regressionid
dc.subject.keywordmultiplier effectid
dc.subject.keywordtourism leakageid
dc.subject.keywordtravel cost.id


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record