Profil panggilan jaringan pintar PT.Telkom
View/ Open
Date
1999Author
Wijaya, Timotius Sutanto
Sulyianti, Itasia Dina
Mattjik, Ahmad Ansori
Metadata
Show full item recordAbstract
Semakin banyak pelanggan telepon menghubungi nomor telepon Jaringan Pintar (Japati) menyebabkan terjadinya kesibukan panggilan telepon. Kesibukan panggilan telepon memungkinkan banyaknya panggilan yang tidak tersambung atau tidak terjawab. Hal ini akan mempengaruhi nilai Answer Seizure Ratio (ASR) sehingga terjadinya kesibukan panggilan telepon perlu diantisipasi untuk mengendalikan nilai ASR.
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan hari sibuk panggilan Japati dan mengetahui jenis panggilan yang mempengaruhi nilai ASR panggilan Japati di masing-masing divisi regional.
Pada bulan Agustus 1998 terjadi 360122 bid dengan nilai ASR mencapai rata-rata 50.84 %. Bari sibuk panggilan Japati terjadi pada hari Kamis, sedangkan jam sibuk terjadi pada sore hari. Jenis panggilan yang mempengaruhi nilai ASR adalah answered call. Divisi regional 5 Jawa Timur mempunyai proporsi answered call yang besar dibanding divisi regional yang lain sehingga nilai ASR-nya lebih tinggi dibanding divisi regional lainnya. Call di sirkit panggilan Japati kurang efektif, terutarna pada divisi regional 2 Jakarta. Untuk meminimumkan biaya operasi jumlah sirkit yang diaktifkan perlu disesuaikan dengan banyaknya panggilan Japati yang terjadi.