dc.description.abstract | Industri kecap merupakan salah satu jenis industri agroindustri hilir yang sangat penting untuk dikembangkan karena mampu memberikan nilai tambah komoditas keselai yang mudah rusak, menambah devisa negara melalui peluang ekspor dan permintaan produk kecap yang tinggi yang dicerminkan dengan angka konsumsi kecap yang tinggi. Dengan baru diakuisisinya merek kecap bango pada tahun 2000 oleh PT. Unilever Indonesia Tbk, maka sangat penting bagi PT. Unilever Indonesia Tbk. untuk mengetahui perilaku konsumen Kecap Manis Bango secara keseluruhan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana karakteristik umum konsumen Kecap Manis Bango dan hubungannya dengan keputusan pembelian Kecap Manis Bango, mengetahui factor-faktor yang mempengaruhi perilaku pembelian Kecap Manis Bango, mengetahui atribut-atribut apa saja yang menjadi pertimbangan konsumen dalam membeli Kecap Manis Bango serta merekomendasikan alternatif kebijakan pemasaran yang sesuai berdasarkan perilaku konsumen terhadap Kecap Manis Bango.
Penelitian ini menggunakan metode survey, dengan pengambilan sampel secara purposif (convenience sampling). Penelitian dilaksanakan di Kotamadya Bekasi, 12-30 mei 2004. pengambilan responden dilakukan di dua lokasi, yaitu GIANT Hypermarket dan Pasar Daerah Bekasi.
Data diperoleh melalui wawancara menggunakan kuesioner dengan 93 orang responden, dengan perincian sebagai berikut: 54 responden dari GIANT hypermarket dan 39 orang dari Pasar Bekasi. ... | id |