Analisis diskriminan dan regresi logistik untuk klasifikasi kemampuan bahasa Inggris mahasiswa tingkat akhir FMIPA IPB
View/ Open
Date
1999Author
Kispardani
Indahwati
Notodiputro, Kliairil Anwar
Metadata
Show full item recordAbstract
Kemampuan bahasa Inggris seorang mahasiswa dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya latar belakang keluarga dan asal sekolah, latar belakang pendidikan bahasa Inggris serta aktivitas sehari-hari yang berhubungan dengan bahasa Inggris. Untuk mengetahui apakah faktor-faktor tersebut dapat dijadikan sebagai !criteria yang baik dalam membedakan kemampuan bahasa Inggris mahasiswa maka perlu dilakukan pembedaan kelas atau klasi.fikasi. Tingkat kemampuan bahasa lnggris diklasifikasikan ke dalam empat kelas yaitu Intermediate, Lower Intermediate, Elementary dan Preelementary.
Metode klasifikasi yang digunakan adalah analisis diskriminan dan analisis regresi logistik. Klasifikasi berdasarkan analisis diskriminan linier menghasilkan kesalahan klasi.fikasi sebesar 22.4 I%, sedangkan analisis regresi logistik menghasilkan kesalahan klasifikasi sebesar 32. 76%. Kemampuan mahasiswa yang bisa dibedakan hanya tingkat kemampuan Intermediate dan Preelementary. Mahasiswamaliasiswa yang mempunyai kemampuan bahasa Inggris pada tingkat Intermediate berasal dari SMA di ibukota provinsi, nilai bahasa Inggris A di TPB, indeks prestasi kumulatif lebih dari 2.50 dan pemahanian terhadap buku teks berbahasa Inggris lebih dari 50%. Sedangkan maliasiswa-maliasiswa yang kemampuan bal1asa lnggrisnya pada tingkat Preelementary sebagian besar berasal dari SMA di luar ibukota provinsi, nilai bahasa Inggris paling tinggi B di TPB, indeks prestasi kumulatif kurang dari 2.50 dan pemahaman terhadap buku teks berbahasa lnggris kurang dari 50%.
Mahasiswa-mahasiswa yang kemampuan baliasa lnggrisnya pada tingkat Lower Intermediate dan Elementary memiliki ciri-ciri yang sangat bervariasi. Hal ini disebabkan oleh sulitnya melakukan identifikasi terhadap seseorang yang memiliki kemampuan sedang (moderat).