Deskripsi surat kabar berdasarkan profil pembaca dan kegiatan periklanannya
View/ Open
Date
2004Author
Widiastuti, Sri
Notodiputro, Khairil A
Wijayanto, Hari
Metadata
Show full item recordAbstract
Kegiatan periklanan merupakan bagian dari bauran promosi yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan barang dan jasa. Di sisi lain kegiatan ini memberikan keuntungan bagi media massa sebagai obyek proyek pekerjaan dan sebagai sumber dana. Salah satu media massa yang sering dijadikan sebagai sasaran utama iklan adalah surat kabar.
Penelitian ini mencoba untuk untuk mendeskripsikan aktivitas periklanan pada media surat kabar
yang ditampilkan dalam grafik mengenai kecenderungan iklan bulanan berdasarkan peubah surat kabar
dan peubah jenis industri, serta analisis korespondensi mengenai profil pembaca surat kabar dan
kecenderungan pemilihan surat kabar oleh industri pemasang iklan. Berdasarkan grafik mengenai kecenderungan iklan bulanan pada tahun 2003, kecenderungan iklan meningkat sepanjang tahun sampai bulan Oktober kemudian menurun pada bulan November.
Berdasarkan hasil analisis korespondensi antara surat kabar dengan peubah demografi diketahui bahwa segmentasi pembaca harian Kompas adalah mereka yang berusia 10-29 tahun, memiliki tingkat pengeluaran di atas Rp 1.750.000 dan memiliki aktivitas sebagai pelajar. Segmen pembaca harian Republika dan Media Indonesia adalah mereka yang berusia 30-39 tahun atau 50 tahun keatas, dan mereka yang memiliki tingkat pengeluaran sebesar Rp 1.250.000 sampai 1.750.000. Segmen pembaca Koran Tempo dan Bisnis Indonesia adalah mereka yang memiliki aktivitas sebagai pekerja kantoran. Sedangkan segmen pembaca harian Pos Kota adalah mereka yang pengeluarannya di bawah Rp 1.250.000, berusia 40-49 tahun dan beraktivitas sebagai pekerja lapangan dan ibu rumah tangga.
Selanjutnya hasil analisis korespondensi antara surat kabar dan jenis industri memberikan informasi bahwa industri property, apparel/personal accessories dan Media & Promotion lebih memilih harian Kompas, industri industrial product, office equipment, computer, communication dan industri financial lebih memilih harian bisnis Indonesia, industri education yang sangat dekat ke harian media Indonesia dan Koran Tempo, industri transportation travel, recreation memilih harian Suara Pembaruan dan Republika dan industri medicine, toiletries & cosmetics, industri automotive & accessories dan industri personal service memilih harian Pos Kota sebagai tempat untuk mengiklankan produknya. Dari kedua hasil analisis korespondensi ini dapat disimpulkan bahwa pemilihan media olch industri dalam kegiatan periklanan didasari oleh kesesuaian target pasar dan jangkauan media. Hal ini dilakukan supaya tercapai kegiatan periklanan yang efektif dan efisien.