Strategy pengembangan bisnis jagung manis (Zea mays saccharata, Sturth) pada CV.Bintang Tani, Kabupaten Bogor,Jawa Barat
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengidentifikasi dan menganalisis peluang dan ancaman yang dihadapi perusahaan serta kekuatan dan kelemahan yang dimiliki CV. Bintang Tani dalam menjalankan bisnis jagung manis; 2) Merumskan formulasi strategi bagi CV. Bintang Tani berdasarkan faktor eksternal dan internal perusahaan; 3) Menentukan prioritas strategi pengembangan bisnis jagung manis yang tepat bagi CV. Bintang Tani dalam pengembangan bisnis jagung manis.
Penelitian ini dilakukan di perusahaan pemasok (supplier) jagung manis CV. Bintang Tani, Desa Ciherang, Kecamatan Dramaga Kabupaten Bogor. Kegiatan penelitian dilakukan pada bulan September sampai dengan Oktober 2003. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara langsung dan pengisian kuesioner kepada responden yaitu pimpinan perusahaan, kepala bagian administrasi, keuangan, pemasaran, dan pengawas. Sedangkan data sekunder diperoleh dari laporan-laporan bulanan dan tahunan perusahaan, hasil riset atau penelitian sebelumnya, penelusuran literatur yang relevan dan pengumpulan data informasi dari instansi-instansi atau lembaga yang terkait baik pemerintah maupun
swasta, seperti Biro Pusat Statistik, Dinas Pertanian, dan instansi terkait lainnya.