Analisis preferensi konsumen terhadap produk tatarias lipstik : studi kasus PT. Avon Indonesia Cabang Bogor
Abstract
... Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik demografi dan ekonomi responden sebagian besar berada di kelompok usia 26.35 tahun dengan pendidikan SMU dan SI. Tingkat penghasilan rata-rata < Rp. 500.000 per bulan Berdasarkan survei yang dilakukan terhadap 104 responden, sebanyak 79 orang menyatakan bahwa manfaat kosmetika tatarias lipstik adalah mendukung penampilan dan akan merasa kurang bila tidak menggunakan lipstik. Sumber informasi yang diperoleh oleh konsumen mengenai produk kosmetika tatarias lipstik ini sebagian besar dari teman atau keluarga, hal ini karena sistem dari penjualan lipstik Avon secara langsung (direct selling) sehingga informasi bisa didapatkan dari mulut ke mulut. Kesetiaan konsumen produk kosmetika tatarias lipstik dari 104 responden yang diteliti terdapat 75 persen menyatakan masih menggunakan lipstik Avon, sedangkan sisanya sebanyak 24 persen sudah tidak menggunakan lagi.
Berdasarkan Analisa Multiatribut Fishbein, atribut yang dianggap penting oleh responden adalah mutu, tingkat kecocokan, warna, harga dan ketersediaan Hal ini dikarenakan atribut mutu menentukan keputusan pembelian konsumen terhadap produk yang diinginkan. Atribut tingkat kecocokan menentukan keloyalan konsumen terhadap kosmetika tatarias lipstik yang digunakan. Atribut warna menentukan selera konsumen terhadap warna kesukaan, atribut harga menentukan harga berapa besar uang yang harus dibayarkan dan atribut ketersediaan menentukan kemudahan untuk memperoleh produk tersebut. ...