Show simple item record

dc.contributor.advisorFirmansyah, Iman
dc.contributor.authorSianturi, Rachmat Selamat Mangasi
dc.date.accessioned2023-11-17T06:44:13Z
dc.date.available2023-11-17T06:44:13Z
dc.date.issued2005
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/132453
dc.description.abstractKebutuhan beras di Indonesia dari tahun ke tahun terus meningkat seiring dengan pertumbuhan jumlah penduduk. Beras sebagai makanan pokok sebagian besar masyarakat Indonesia memiliki peranan yang sangat penting. Untuk mencukupi kebutuhan beras diperlukan strategi yang tepat dan terarah. Altematif strategi yang dapat dilakukan untuk me ningkatKan produktivitas padi/beras adalah intensifikasi pertanian. Intensifikasi pertanian dapat dilakukan dengan cara penggunaan benih bennutu, irigasi yang baik, bercocok tanam yang baik, pemupukan yang berimbang, serta p engendalian hama dan penyakit. Salah satu bentuk pengendalian· hama adalah pengendalian gttlma. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gulma dapat menurunkan bobot gabah sekitar 19-54 persen, karena itu upaya pengendalian gulma sangat penting untuk dilakukan. Gulma dapat dikendalikan secara kimiawi yaitu dengan pestisida. Jenis pestisida yang digunakan adalah herbisida. Pennintaan pestisida di Indonesia mengalami peningkatan khususnya setelah tahun 1998. Hal ini menunjukkan bahwa industri ini masih berprospek tinggi. Peningkatan pennintaan tersebut didukung dengan meningkatnya produksi fonnulasi pestisida. Dari total penggunaan pestisida di Indonesia sekitar 17-20 persen dialokasikan untuk herbisida. PT XYZ adalah salah satu perusahaan penghasil herbisida yang turut bersaing dalam industri pestisida. Merek herbisida yang diproduksi adalah ABC. Data penjualan herpisi da ABC dalam setahun terakhi:· menunjukkan penur unan sebesar 25 persen di tig& kabupaten di Jawa Barat yakni Kabupaten Karawang, Kabupaten Indramayu dan K&bppaten Cirebon. Ketiga kabu paten tersebut merupakan pasar yang potensial ditinjau dari luas areal penanaman padinya. Terjadinya penurunan penjualan diduga karena melemalmya daya saing produk, untuk itu perlu diketahui bagaimana posisi produk saat ini di pasar sehingga dapat dirumuskan strategi pemasaran yang lebih tepat. Dari permasalahan di atas, maka dirumuskanlah tujuan pen elitian sebagai berikut: (I) Menganalisis persepsi konsun1en terhadap atribut produk herbisida ABC di Kabupaten Karawang, Kabupaten Indramayu dan Kabupaten Cirebon, (2) Menganalisis psoisi herbisida ABC di pasar jika diabandingkan dengan pesaingnya….sdtid
dc.language.isoidid
dc.publisherBogor Agricultural University (IPB)id
dc.subject.ddcHerbisidaid
dc.subject.ddcPadiid
dc.subject.ddcPetani Karawangid
dc.titleAnalisis Positioning Produk Herbisida Merek ABC pada PT XYZ (Studi Kasus pada Petani Padi di Kabupaten Karawang, Kabupaten Indramayu dan Kabupaten Cirebon)id
dc.typeUndergraduate Thesisid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record