Analisis strategi pemasaran ekspor udang beku PT.Hotanjaya Graha, Muara Baru, Jakarta Utara
Abstract
Udang hingga saat ini masih merupakan andalan ekspor perikanan Indonesia. Dalam perolehan nilai ekspor perikanan pada tahun 1996, udang masih menempati urutan pertama di atas tuna yaitu sebesar US1.0I7.891.000,00 sedangkan tunahanya mencapai US
192.980.000,00 (Direktorat Jenderal Perikanan, 1997). Volume ekspor Indonesia dari tahun 1991-1996 mengalami kenaikan sebesar 1,03%. Salah satu perusahaan eksportir udang yang berlokasi di Jakarta adalah PT.Hotanjaya Graha (PT.HJG). Ekspor perusahaan ini ternyata mengalami penurunan sebesar 2,65% dari tahun I 991-1996. Berpangkal dari hal tersebut, maka permasalahan yang dihadapi perusahaan ini adalah sejauh manakah PT.HJG sebagai salah satu perusahaan pengekspor udang Indonesia telah mengantisipasi peluang ekspor dalam produknya dan apakah PT.HJG telah merumuskan strategi pemasaran yang tepat di masa yang akan datang. Pelaksanaan penelitian ini bertujuan untuk : ( I )mempelajari strategi pemasaran ekspor udang beku yang diterapkan PT.HJG saat ini, (2) mengidentifikasi faktor faktor eksternal yang merupakan peluang dan ancaman bagi pernsahaan dan faktor faktor internal yang merupakan kekuatan dan kelemahan perusahaan serta (3) mernmuskan alternatif strategi pemasaran di masa yang akan datang bagi PT.HJG. Penelitian dilaksanakan pada awal bulan April hingga awal bulan Mei 1998, dengan mengambil lokasi di PT.HJG, Muara Baru, Jakarta Utara.