Strategi pengembangan produk wisata di Wana Wisata Batu Kuda Bandung Jawa Barat
View/ Open
Date
2015Author
Widiyanti, Astrini
Meilani, Resti
Kosmaryandi, Nandi
Metadata
Show full item recordAbstract
Wana Wisata Batu Kuda merupakan kawasan wisata yang dikelola oleh
Perum Perhutani Unit III Jawa Barat dan Banten. Kawasan ini memiliki beragam
potensi yang dapat dikembangkan menjadi produk wisata. Tujuan penelitian ini
adalah menyusun strategi pengembangan produk wisata di Wana Wisata Batu Kuda.
Penelitian menemukan keberadaan beberapa produk wisata aktual di Wana Wisata
Batu Kuda, yaitu tegakan hutan pinus dan pemandangan alam yang menarik, situs
keramat Batu Kuda, fasilitas, dan aktivitas pengunjung berupa berkemah, bersepeda,
dan menikmati pemandangan. Pengunjung Wana Wisata Batu Kuda didominasi
oleh jenis kelamin laki-laki, tingkat usia remaja (13 – 21 tahun), tingkat pendidikan
SMA, asal dari Bandung, dan pekerjaan mahasiswa. Analisis SWOT menunjukkan
bahwa area ini berada pada kuadran 3 yang berarti strategi defensif, yaitu dengan
memanfaatkan peluang kerjasama dengan berbagai pelaku wisata untuk
meningkatkan kualitas dan kuantitas pelayanan wisata, SDM pengelola, dan
fasilitas wisata.