Show simple item record

dc.contributor.advisorNovita, Yopi
dc.contributor.authorSuseno, Sarianto Bayu
dc.date.accessioned2023-11-01T01:20:05Z
dc.date.available2023-11-01T01:20:05Z
dc.date.issued2007
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/129549
dc.description.abstractDampak interaksi kapal dengan gelombang adalah timbulnya gerakan kapal, salah satunya rolling. Rolling berpeluang lebih besar untuk mengurangi olah gerak kapal dan kenyamanan awak kapal. Unjuk kerja kapal yang baik dibutuhkan untuk menjaga kenyamanan dan keselamatan kapal. Faktor internal yang mempengaruhi unjuk kerja kapal adalah bentuk kapal, salah satunya bentuk kasko. Dua bentuk kasko yang umum digunakan oleh kapal-kapal ikan di Indonesia adalah akatsuki dan U- bottom. Berdasarkan nilai keempat faktor internal rolling, kapal dengan bentuk U- bottom memiliki nilai, virtual mass moment inertia, restoring moment coefficient dan exciting moment amplitude yang lebih besar dibandingkan dengan kasko bentuk akatsuki. Akan tetapi, nilai damping moment coefficient terbesar dimiliki oleh bentuk akatsuki. Kualitas gerakan rolling pada kasko akatsuki lebih baik dibandingkan dengan kasko U-bottom. Hal ini dapat dilihat dari frekuensi rolling, periode oleng dan rolling amplitude yang terjadi. Dari ketiga nilai tersebut, frekuensi rolling dan periode oleng kasko akatsuki dan U-bottom memiliki nilai yang sama dalam selang waktu 0-1800 detik. Akan tetapi, rolling amplitude kasko akatsuki lebih kecil dari kasko U-bottom.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcAquatic Resources Managementid
dc.titleKajian peredaran bentuk kasko akatsuki dan U-bottom terhadap gerakan rolling pada gelombang reguler beam seasid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordKasko akatsukiid
dc.subject.keywordRollingid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record