Show simple item record

dc.contributor.advisorWijayanto, Hari
dc.contributor.advisorKurnia, Anang
dc.contributor.authorPermadi, Arga
dc.date.accessioned2023-11-01T01:02:51Z
dc.date.available2023-11-01T01:02:51Z
dc.date.issued2003
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/129530
dc.description.abstractMemahami perilaku konsumen pada saat ini merupakan hal yang sangat penting, karena dengan memahami konsumen akan menuntun pemasar pada kebijakan pemasaran yang tepat dan efisien Salah satu aspek yang mempengaruhi perilaku konsumen adalah persepsi konsumen itu sendiri karena konsumen akan menginterpretasikan stimulus (produk) yang sama secara berbeda. Oleh karena itu diperlukan suatu metode yang dapat menangkap persepsi konsumen tersebut, Pada penelitian ini digunakan dua instrumen sebagai pendekatan dalam menangkap persepsi terhadap suatu produk Instrumen pertama yaitu penilaian oleh konsumen terhadap produk berdasarkan atribut-atributnya dengan menggunakan skala Likert yaitu "sangat tidak setuju"(1) sampai sangat setuju" (5) dan instrumen kedua pengelompokan produk berdasarkan kesamaan atribut- atributnya yaitu "jauh" atau "dekat". Data-data yang diperoleh dari kedua instrumen ditampilkan secara grafis dengan analisis Biplot untuk instrumen pertama dan analisis Multidimensional Scaling MDS) untuk instrumen kedua. Pada Instrumen pertama juga dilakukan analisis Korespondensi sebagai analisis alternatif selain analisis Biplot. Kemudian dilakukan evaluasi terhadap kedua instrumen tersebut Hasil evaluasi menunjukkan bahwa instrumen kedua pada penelitian ini lebih representatif dalam menangkap persepsi dibanding instrumen pertama karena pengelompokan suatu koran dipengaruhi oleh koran lainnya dengan adanya perbandingan yang dilakukan responden, sedangkan pada instrumen pertama responden hanya melakukan penilaian terhadap suatu atribut koran tanpa membandingkan dengan koran lainnya pada atribut tersebut. Penggunaan dua kategori sifat seperti "jauh" dan "dekat" lebih mudah dipahami oleh responden Responden mampu membedakan kedua sifat tersebut dibandingkan penggunaan lebih dari dua kategori sikap seperti pada instrumen pertama yaitu "sangat tidak setuju" sampai "sangat setuju"id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB (Bogor Agricultural University)id
dc.subject.ddcStatisticsid
dc.titleEvaluasi dua instrumen yang digunakan dalam menangkap persepsiid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordconsumer behaviorid
dc.subject.keywordmarketing policiesid
dc.subject.keywordconsumer perceptionid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record