Analisis kepuasan wartawan terhadap kinerja humas Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM RI)
Abstract
Humas Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM RI)
merupakan bagian yang berhubungan langsung dengan wartawan. Fungsi wartawan
sangat penting bagi BPOM RI sehingga kualitas pelayanan terhadap wartawan
harus diperhatikan oleh humas BPOM RI. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui persepsi wartawan terhadap pelayanan yang diberikan humas BPOM
RI dan citra BPOM RI. Teknik pengambilan contoh pada penelitian ini
menggunakan metode purposive sampling. Kriteria responden dalam penelitian ini
adalah wartawan yang pernah meliput kegiatan yang diselenggarakan oleh BPOM RI
selama bulan Januari sampai Juli 2015. Kepuasan wartawan terhadap pelayanan
diukur dengan menggunakan pendekatan SERVQUAL yaitu keandalan,
responsivitas, jaminan, empati, dan wujud. Secara keseluruhan responden sangat
puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh humas BPOM RI dengan skor CSI
sebesar 84.56%. Hasil IPA menunjukkan masih terdapat atribut yang harus
diperbaiki kinerjanya yaitu keramahan petugas dan respon terhadap keluhan
wartawan. Citra BPOM RI yang diukur dengan menggunakan enam pendekatan
yaitu dinamis, bekerjasama, bisnis, karakter, sukses, dan mampu menarik diri
menunjukkan bahwa citra BPOM RI termasuk dalam kategori baik.