Analisis permintaan dan surplus konsumen pengunjung kebun raya Cibodas dengan metode penilaian kontingensi
Abstract
Kebun Raya Cibodas merupakan salah satu sarana konservasi ex situ yang juga berfungsi sebagai tempat rekreasi alam terbuka dapat digolongkan sebagai barang publik yang dapat memberikan manfaat intangible, yaitu manfaat ekonomi yang tidak dapat dikuantifikasikan secara langsung karena tidak adanya pasar untuk barang tersebut. Ada dua ciri utama dari barang publik, yaitu non-rivalry in consumption dan non-excludability in consumption. Sifat non-rivalry memiliki arti bahwa setiap pengunjung obyek wisata (konsumen) dapat memperoleh kepuasan rekreasi rekreasi alam tanpa mengurangi kepuasan konsumen lain. Sedangkan sifat non-excludability dari obyek wisata berarti setiap orang dapat menikmati wisata alam tanpa dibatasi. Karena ciri-ciri ini, maka relatif sulit untuk menentukan "tingkat harga" barang publik yang cenderung dimanfaatkan berlebihan, dan kurangnya insentif untuk melestarikannya. Secara teori, kesulitan untuk menentukan harga atas jasa barang publik karena ketiadaan pasar (non existent of market) dapat diatasi dengan membuat skedul permintaan berdasarkan pendekatan kesediaan membayar (willingness to pay). Salah satu pendekatan ekonomi untuk menilai manfaat kualitas lingkungan dalam bentuk rekreasi alam adalah Metode Penilaian Kontingensi (Contingent Valuation Method).
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui karakteristik wisatawan yang berkunjung ke Kebun Raya Cibodas, (2) mengestimasi fungsi permintaan rekreasi di Kebun Raya Cibodas, dan (3) menganalisis nilai manfaat total wisata alam Kebun Raya Cibodas dengan menggunakan motode penilaian kontingensi. Untuk itu, dalam penelitian ini diperlukan data primer yang diperoleh melalui
penyebaran kuesioner pada responden pengunjung Kebun Raya Cibodas dan data: sekunder dalam bentuk studi literatur. Setelah itu dilakukan pendugaan tingkat kunjungan untuk tahun 2003, perhitungan nilai manfaat rekreasi Kebun Raya Cibodas dan surplus konsumen berdasarkan kesediaan membayar, dan pemilihan faktor-faktor yang berpengaruh nyata terhadap permintaan rekreasi Kebun Raya Cibodas dengan
menggunakan analisis regresi.
Nilai manfaat rekreasi di Kebun Raya Cibodas berdasarkan pendekatan penilaian kontingensi sebesar Rp 4,32 milyar per tahun dengan rata-rata kesediaan membayar sebesar Rp 8.550 per orang. Sedangkan